nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi Cari Kerja? Ini 10 Keterampilan yang Paling Dibutuhkan Perusahaan

Mulyani, Jurnalis · Senin 07 Januari 2019 12:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 07 320 2000923 lagi-cari-kerja-ini-10-keterampilan-yang-paling-dibutuhkan-perusahaan-lV9y5CntqQ.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Pasar tenaga kerja yang ketat di Amerika Serikat (AS) membuat banyak perusahaan berpikiran lebih terbuka untuk mempertimbangkan kandidat pegawainya. Saat ini perusahaan lebih fokus pada kemampuan keterampilan karyawan.

Dilansir dari CNBC, Senin (7/1/2019), Amerika Serikat sedang menghadapi kesenjangan keterampilan. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, AS saat ini memiliki lebih dari 7 juta pekerjaan yang tidak berkompeten.

Adapun perusahaan-perusahaan yang melihat pegawai dari keterampilannya yakni Google, Apple, IBM, Facebook, Bank of America, Facebook, dan masih banyak lagi. Bahkan perusahaan-perusahaan tersebut tidak lagi mementingkan gelar sarjana.

Baca Juga: 7 Profesi yang Terancam Akibat Kemajuan Teknologi

“Keterampilan sangat penting,” kata Wakil Presiden Sumber Daya Manusia Facebook janelle Gale.

Bagi pekerja yang tertarik untuk mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan seperti Facebook, disarankan untuk fokus pada keterampilan, dan apabila saat melamar resume tidak sama persis dengan deskripsi pekerjaan pun tidak masalah.

“Kami benar-benar menghargai keterampilan seseorang daripada pengalaman dalam skema besar,” katanya.

“Terapkan jika anda memiliki keterampilan yang relevan bahkan jika anda tidak memiliki pengalaman yang tepat, karena keterampilan penting untuk dibawa ke meja kerja,” lanjut Gale.

Linkedln baru-baru ini menganalisis ratusan ribu lowongan pekerjaan untuk menentukan keterampilan apa yang paling dibutuhkan perusahaan pada 2019. Mereka menemukan bahwa pengusaha mencari pekerja yang memiliki softskill dan hardskill, kemudian mencocokkan keterampilan ini dengan kursus Pembelajaran Linkedln yang gratis untuk bulan Januari.

kerja

Berikut adalah 5 softskill yang paling dibutuhkan di tahun 2019.

1. Kreatif

2. Persuatif

3. Mampu bekerjasama dengan baik

4. Mudah beradaptasi

5. Manajemen waktu yang baik

Adapun, 5 hardskill yang paling dibutuhkan di tahun 2019 yaitu

1. Cloud Computing

2. Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

3. Penalaran Analitik

4. Managemen Sumber Daya Manusia

5. UX Design

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini