nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenangan Bos Bank Dunia Jim Yong Kim di Indonesia

Ade Rachma Unzilla , Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 10:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 08 20 2001368 kenangan-bos-bank-dunia-jim-yong-kim-di-indonesia-kU7nLSMHGw.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Dunia mendapat kabar mengejutkan dari sektor perekonomian. Presiden Bank Dunia (World Bank) Jim Yong Kim telah memutuskan untuk mundur dari jabatannya.

Orang keturunan Asia Amerika pertama yang menjadi Presiden Bank Dunia sejak 2012 ini akan resmi mengundurkan diri pada bulan depan, meninggalkan tiga tahun sisa masa jabatannya. Adapun pengunduran dirinya didasari atas kemauannya sendiri.

Pria kelahiran 1959 ini dikenal akrab dengan pemerintahan Indonesia. Hal ini terbukti dari seringnya ia melakukan kunjungan ke Indonesia. Bahkan, tahun 2018 lalu Kim mengunjungi Tanah Air beberapa kali.

 Baca Juga: Apa Alasan Jim Yong Kim Mundur dari Bos Bank Dunia?

Berikut kilas balik perjalanan Jim Yong Kim ke Indonesia yang sudah dirangkum oleh Okezone, Selasa (8/1/2019) :

1. Kunjungi Istana Kepresiden dan Blusukan ke Bogor

4 Juli 2018 lalu, Bos Bank Dunia ini diagendakan mendatangi Istana Kepresidenan Bogor. Pada kunjungannya kali ini, Kim mengenakan batik lengan panjang berwarna biru.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi mengajak Kim untuk blusukan ke Desa Tangkil Bogor untuk meninjau posyandu dan paud.

2. Kunjungi Nusa Tenggara Barat

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat pada 5 Juli 2018 lalu. Keduanya memimpin forum pertemuan desa guna pencegahan kekerdilan pada anak. Selain memimpin forum, keduanya melakukan peninjauan langsung ke beberapa posyandu dan taman kanak-kanak.

 Baca Juga: Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim Mengundurkan Diri

3. Keliling hutan mangrove Bali

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengajak Jim Yong Kim mengeliling hutan mangrove Bali. Hutan yang bisa dijadikan tempat rekreasi ini dikunjunginya pada 6 Juli 2018 lalu. Kim terlihat menikmati perjalanan sambil mendengarkan penjelasan dari Luhut.

4. Kembali ke Jakarta, bahas pembiayaan infrastruktur

Kim dijadwalkan pada 25 Juli 2018 lalu untuk berpartisipasi dalam acara forum pembiayaan infrastruktur. Menurut Kim, kesenjangan infrastruktur Indonesia merupakan tantangan yang mendesak tetapi juga peluang yang sangat besar.

“Investasi infrastruktur yang efektif sangat penting untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, dan akan membantu membuka potensi besar negara ini,” jelasnya.

 Baca Juga: Dikritik Jokowi, Begini Tanggapan Presiden World Bank

5. Hadiri Annual Meeting IMF - World Bank Bali 2018

Oktober 2018 lalu, Indonesia menjadi tuan rumah Annual Meeting IMF -World Bank 2018. Dalam pidatonya, Kim turut mengutarakan bela sungkawa atas bencana yang terjadi di Sulawesi dan Lombok.

Kim juga ucapkan rasa terima kasihnya pada pemerintah dan masyarakat Indonesia. Kegiatan global ini diyakini Kim akan mengangkat banyak keberhasilan pembangunan Indonesia, keanekaragaman budaya, dan keindahan alamnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini