Perketat Pengawasan BBM, BPH Migas Bakal Buka Kantor Cabang di Daerah

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 18:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 08 320 2001689 perketat-pengawasan-bbm-bph-migas-bakal-buka-kantor-cabang-di-daerah-54T5CRsq4m.jpg oke

JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), akan kembali memperketat pengawasan distribusi BBM dan gas di daerah-daerah Indonesia. Salah satu caranya yakni dengan membuka sejumlah kantor cabang di daerah.

"Insya Allah tahun ini Perpres keluar. Karena Kami harus merubah Perpres dan ini sudah proses, tapi tentu butuh waktu," ujar Anggota Komite BPH Migas, Ibnu Fajar di Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Baca Juga: BPH Migas Larang Masyarakat Palu Beli BBM Pakai Jerigen

Dia berharap, pembentukan kantor BPH Migas di daerah bisa disetujui pemerintah tahun ini. Di mana aturan tersebut tak hanya butuh persetujuan dari Kementerian ESDM melainkan juga Kementerian PAN-RB dan Kementerian terkait.

"Jadi, selama ini, pengawasan yang dilakukan BPH Migas hanya dalam bentuk uji petik di daerah. Seperti ada laporan dari masyarakat atau kita melihat di media," tuturnya.

Dia menuturkan, pembuatan kantor cabang di daerah ini, untuk bisa lebih intens melakukan pengawasan di daerah. Khususnya, penyaluran BBM bersubsidi dan penugasan agar bisa lebih tepat sasaran.

"Pasalnya masih ada penyelewengan BBM bersubsidi yang terjadi di daerah," jelasnya.

Baca Juga: Bahas BBM Satu Harga, BPH Migas Rapat dengan Ketua DPR

Dia menambahkan, untuk anggaran pembentukan kantor BPH Migas di daerah berasal dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dari APBN. Di mana tiap tahun BPH Migas ajukan anggaran ke Kemen ESDM dan dibahas di DPR RI.

"Nantinya berapa yang disetujui, tahun lalu Rp160 miliar. Itu kecil dari PNBP kita dapat tahun 2018 yakni Rp1,35 triliun melebihi target," pungkasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini