Limbah Freeport Bisa untuk Pembangunan Jalan dan Dibuat Batako

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2019 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 09 320 2002190 limbah-freeport-bisa-untuk-pembangunan-jalan-dan-dibuat-batako-wZWddK985J.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meminta PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk menyelesaikan kajian terkait ekosistem dan manajemen penanganan limbah tambang. Hal ini supaya pemanfaatan limbah bisa maksimal.

Inspektur Jenderal (Irjend), KLHK Ilyas Assad mengatakan, limbah penambangan atau tailing yang dilakukan oleh Freeport tersebut nantinya bisa digunakan sebagai bahan baku untuk jalan.

Baca Juga: Soal Isu Perusakan Lingkungan oleh Freeport, Begini Penjelasan Kementerian LHK

"Jadi, nantinya limbah tersebut bisa dibuat sebagai material pembangunan jalan dan juga membuat batako. Hal ini merupakan sangat bagus. Oleh karena itu kita akan terus dorong, supaya inovasi ini dilakukan," ujarnya di Gedung KLHK, Jakarta, Rabu (9/1/2018).

Dia menjelaskan pemanfaatan hasil limbah itu, sangat penting. Pasalnya bisa dihubungkan dengan pembangunan wilayah di Papua. Seperti menumbuhkan industri, di mana masyarakat bisa memanfaatkan.

Baca Juga: Berakhir Bulan Depan, Izin Ekspor Freeport Belum Dikeluarkan

"Setelah kajian limbah selesai, kami akan melakukan pemeriksaan dan pembahasan lebih lanjut. Agar nantinya pihak Freeport bisa sejalan dengan pemerintah," tuturnya.

Dia berharap, pemanfaatan limbah ini bisa mengurangi beban penanganan penambangan yang dihasilkan sebanyak 160.000 ton per hari. "Namun, kami belum bisa menyebut pihak mana yang akan melakukan penyerapan tersebut," ungkapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini