nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mana Lebih Menguntungkan, Investasi Surat Utang Negara atau Reksa Dana?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 14:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 10 20 2002579 mana-lebih-menguntungkan-investasi-surat-utang-negara-atau-reksa-dana-WqT2v4ZiNH.jpg Foto: Giri Hartomo

JAKARTA - Pemerintah mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi untuk membeli Surat Utang Negara (SUN) yang dijual secara online yakni Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR005. Pasalnya investasi lewat surat utang ini sangat menguntungkan.

Direktur SUN Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Loto Srinaita Ginting mengatakan ada beberapa keunggulan dari SBR005. Salah satunya adalah SBR005 ini bisa di-redemption sebagian sebelum jatuh tempo.

Bagi investor yang ingin melakukan early redemption bisa mengajukan pada 27 Januari 2020 pukul 09.00 WIB dan penutupan 4 Februari 2020 pukul 15.00 WIB. Tanggal setelmen early redemption 10 Februari 2020 dengan nilai maksimal 50% dari setiap transaksi pembelian yang telah dilakukan pada masing-masing mitra distribusi.

 Baca Juga: Beli Surat Utang Online dengan Uang Rp1 Juta, Ini Keuntungannya

Sementara itu dari sisi kupon yang ditawarkan juga lebih tinggi dibandingkan investasi di Reksa Dana. Tingkat kupon yang ditawarkan sendiri adalah sebesar 8,15%.

Lebih menariknya, kupon yang ditawarkan juga mengambang mengikuti perkembangan suku bunga BI 7 Days Reverse Repo Rate dengan kupon minimal. Jadi, jika ada kenaikan pada bunga acuan, maka kupon SBR005 juga akan meningkat.

"Tingkat kuponnya bisa naik tapi tidak bisa turun. Kalau bisa 7-day repo rate kalo di bawah 8,15% dia tetapi berlakukan kupon minimal," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Sekadar informasi saat ini suku bunga acuan BI adalah 6%, dan kupon dari pemerintah 2,15% sehingga menghasilkan kupon minimal 8,15%.

 Baca Juga: Ada Surat Utang Online Bunga 8,15%, Bagaimana Cara Belinya?

Misalnya tiga bulan kemudian, yakni pada April 2019 ada kenaikan bunga acuan menjadi 6,25% maka periode April-Juli 2019 kupon yang berlaku adalah 6,25% + 2,15% yang artinya kupon menjadi 8,4%.

Namun, jika bunga acuan BI turun maka kupon akan tetap minimal yakni 8,15%, tidak akan mengikuti penurunan bunga acuan.

"Tapi kalau naik kupon bisa naik bisa menjadi 8,5%. Kalau naik bisa kalau turun enggak bisa," ucapnya.

 Baca Juga: Pemerintah Jual Surat Utang Online dengan Bunga 8,15%, Bisa Dibeli Mulai Rp1 Juta

Loto juga menyebut jika investasi di SBR005 tidak akan bisa mengalami gagal bayar. Sebab menurutnya, instrumen investasi ini sudah dijamin oleh Undang-Undang sehingga tidak akan mungkin mengalami gagal bayar.

"Dari sisi risiko paling besar yang paling sering kita sorot adalah risiko gagal bayar. Karena ini dijalani Undang-Undang maka instrumen yang ditawarkan pemerintah lebih aman dibandingkan apapun lainya," jelasnya.

Sementara itu, Perencana Keuangan Prita Hapsari Ghozie mengatakan, adanya instrumen investasi ini sangat penting bagi generasi milenial yang ingin berinvestasi. Apalagi, nominal minimal pemesanannya adalah Rp1 juta saja.

"Invetasi jaman dulu belum ramah kantong, sekarang pemerintah mendengar, adanya investasi SBR005 bisa dibeli mulai Rp1 juta," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini