nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Biaya yang Harus Dipersiapkan Saat Membangun Rumah

Kamis 17 Januari 2019 08:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 16 470 2005367 3-biaya-yang-harus-dipersiapkan-saat-membangun-rumah-KeXPrlqy9p.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Salah satu jenis bisnis properti yang menawarkan keuntungan lumayan adalah menyewakan rumah. Apalagi jika properti tersebut berada di lokasi yang strategis, para penyewa tentu akan semakin tertarik. Keuntungan yang diperoleh tentu berbanding lurus dengan banyaknya jumlah penyewa.

Namun, jika Anda baru saja berencana untuk membangun rumah untuk disewa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya, biaya apa saja yang perlu dipersiapkan? Selain biaya pembangunan rumah, berikut beberapa biaya lainnya yang harus dibayar seperti dikutip Orento, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

 

1. Biaya Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Salah satu biaya yang harus dipersiapkan saat hendak membangun rumah adalah biaya IMB. Ada 3 jenis IMB yang perlu Anda ketahui, yaitu IMB bangunan baru bagi yang ingin membangun rumah baru, IMB renovasi bagi yang ingin melakukan perubahan pada gedung atau rumah, dan IMB lama jika Anda berniat membeli sebuah bangunan lama yang belum memiliki IMB.

 Baca Juga: Pasar Apartemen Diramal Masih Tak Bergairah di 2019

2. Biaya Operasional

Setelah rumah selesai dibangun, Anda tentu harus mempersiapkan biaya operasional, khususnya karena rumah sewa tersebut masih belum menghasilkan. Ada sejumlah biaya yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah properti yang disewakan, yaitu biaya bulanan berbentuk biaya langganan listrik, air, telepon, internet, kebersihan, dan keamanan.

Selain itu, jika tidak mengelola sendiri bisnis ini, Anda tentu harus membayar tenaga kerja lain yang akan membantu operasional sehari-hari. Biaya-biaya ini harus dibayar setiap bulan, meskipun rumah sewa masih dalam kondisi belum penuh. Jadi, berhitunglah dengan cermat supaya tidak mengalami kerugian besar.

 Baca Juga: Prediksi Pasar Properti di Tengah Pemilu 2019: Tantangannya Suku Bunga KPR

3. Biaya yang berkaitan dengan pajak

Selain kedua hal itu, biaya lain yang tidak boleh dilupakan adalah yang berkaitan dengan pajak. Ada sejumlah pajak yang harus dibayarkan, di antaranya Pajak Penghasilan dan Pajak Pertambahan Nilai jika nilai properti di atas Rp36 juta.

Selain itu, Anda juga perlu membayar Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) jika nilai properti tersebut di atas Rp5 miliar. Kriteria lain adalah luas bangunan yang lebih dari 400 m2. Demikian pula jika Anda membangun apartemen atau condotel dengan luas 150 m2. Besar biaya ini adalah sekitar 20%.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini