nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekonomi China Hanya Tumbuh 6,6%, Menko Darmin: Karena Perang Dagang

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 22 Januari 2019 12:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 22 20 2007724 ekonomi-china-hanya-tumbuh-6-6-menko-darmin-karena-perang-dagang-HxUod0bmE6.jpg Foto: Menko Darmin (Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution ikut berkomentar terkait perlambatan pertumbuhan ekonomi China. Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi Cina sendiri hanya tumbuh 6,6% pada 2018.

Menurut Darmin melambatnya pertumbuhan ekonomi China disebabkan karena perang dagang antara China dengan Amerika Serikat. Oleh sebab itu kedua negara ikut terkena imbasnya.

"Itu bagian dari perang dagang mereka itu bahwa ekonomi China pertumbuhannya makin melambat, walaupun melambat masih 6,6% kalau enggak salah," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

 Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi China 2018 Hanya 6,6%, Terendah dalam 28 Tahun

Untuk di Amerika Serikat sendiri berbagai kejadian yang merugikan ekonominya mulai terjadi belakangan ini. Yang terbaru adalah pemerinatahan Amerika Serikat mengalami shutdown.

"Bagaimana mau bagi duit kalau shutdown dan sebagainya," ucapnya.

Yang paling terkena dampaknya dari shutdown-nya ekonomi AS adalah sektor pertanian. Menurut Darmin, sektor pertanian Amerika Serikat mengalami kalang kabut meskipun memiliki cukup banyak uang.

"Di Amerika Serikat juga banyak persoalan dengan perang dagang ini terutama di pertanian. Pertanian dia kalang kabut betul walaupun sudah disediakan dana cukup besar oleh pemerintah AS," katanya.

 Baca Juga: Ekonomi Global Melambat, Ekspor Bisa Tertekan

Darmin mengungkapkan, berkaca dari contoh tersebut dapat digambarkan jika perang dagang tidak mudah untuk dihindari dan diberhentikan secara tiba-tiba. Apalagi kedua negara tersebut merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Bahkan tak hanya bagi dua negara itu saja, bagi negara-negara di seluruh dunia termasuk Indonesia juga terkena dampak dari perang dagang yang tidak mudah dan cepat untuk dihilangkan.

"Begitu jalan akan melahirkan dampak ke seluruh dunia karena ini adalah dua ekonomi terbesar di dunia. Tidak ada yang bisa menghindar untuk tidak terpengaruh," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini