nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selama 2018, Masyarakat Banyak Cari Rumah di Bandung dan Depok

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 24 Januari 2019 14:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 24 470 2008847 selama-2018-masyarakat-banyak-cari-rumah-di-bandung-dan-depok-zfuGy6VrTX.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pencarian rumah selama 2018 masih didominasi di kota-kota besar. Bahkan 20 besar kota yang banyak dicari untuk membeli rumah tidak terlalu banyak perubahan sejak 2017 lalu.

Country General Manager Rumah123.com Ignatius Untung mengatakan, selama 2018, Bandung masih jadi kota yang paling banyak dicari untuk memiliki hunian. Kemudian di tempat kedua ada Depok dan Bintaro yang angkanya sama-sama tinggi.

"Ada 20 yang banyak dicari. Yang menarik 15 besar tidak tergantikan. Tertinggi Bandung kedua ada Depok dan Bintaro," ujarnya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Baca Juga: Ada Program DP 0%, BI Yakin Properti Bangkit di 2019

Untung menambahkan, di tempat keempat daerah yang paling banyak dicari adalah di wilayah Bekasi. Kemudian di tempat kelima ada perumahan di wilayah Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

"Bekasi dan BSD ini susul susulan juga," ucapnya.

Sementara untuk wilayah Jakarta lanjut Untung, perumahan di sekitar Tebet, Sunter hingga Kelapa Gading masih banyak diminati. Lalu ada wilayah Cibubur meskipun mengalami penurunan tapi jumlah pencariannya masih sangat tinggi.

Sementara itu, daerah Cinere Jakarta Selatan juga permintaannya cukup tinggi. Lalu daerah terakhir yang paling banyak dicari adalah Kemang, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ternyata Menantu Presiden Jokowi Bisnis Properti, tapi Masih Kelas Menengah

"Lalu ada perumahan Tebet, Sunter Kelapa Gading di tengah-tengah, Cibubur cenderung turun, Gadung Serpong naik, Cinere turun, Kemang mengisi di bawah," ucapnya.

Sementara itu, permintaan rumah di kawasan Bintaro, Serpong hingga Cibubur pada 2018 terus menurun. Sebaliknya untuk Depok, Tangerang, Bogor dan Bekasi justru meningkat tajam di 2018.

"Depok, Tangerang Bogor dan Bekasi itu naik. Kalau segmennya itu menengah agak ke atas," kata Untung.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini