nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hanya Lulusan SD, Ini Filosofi Eka Tjipta Pemilik Harta Rp120 Triliun

Ade Rachma Unzilla , Jurnalis · Minggu 27 Januari 2019 17:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 27 320 2010073 hanya-lulusan-sd-ini-filosofi-eka-tjipta-pemilik-harta-rp120-triliun-Y91uipRyN8.jpg Foto: Habibie hingga Anies Kirim Karangan Bunga (Ade/Okezone)

JAKARTA - Pendiri Sinar Mas Group Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia pada Sabtu 26 Januari 2018 pukul 19.43 WIB. Eka Tjipta juga merupakan orang terkaya ketiga di Indonesia dengan kekayaan mencapai USD8,6 miliar atau setara Rp120,4 triliun versi Forbes.

Ternyata, Eka Tjipta memiliki filosofi hidup yang mengantarkan dirinya sukses mendirikan kerajaan bisnis Sinar Mas Group.

Mengutip keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (27/1/2019), Sinar Mas berawal ketika almarhum Eka Tjipta Widjaja yang ketika itu masih bernama Oei Ek Tjhong, dan baru menjejak usia 15 tahun, berwirausaha menjajakan biskuit dan permen dengan mengendarai sepeda ke penjuru kota Makassar, Sulawesi Selatan, 3 Oktober 1938.

 Baca Juga: Eka Tjipta Widjaja, Sosok yang Mengajarkan Kepedulian dengan Keluarga dan Lingkungan

Meski hanya lulusan sekolah dasar, baginya tak ada harapan dan cita-cita yang terlalu tinggi. Filosofi jujur, menjaga kredibilitas, dan bertanggung jawab, baik terhadap keluarga, pekerjaan maupun terhadap sosial menjadi kompas hidupnya, yang kemudian bermetamorfosis menjadi nilai-nilai luhur Sinar Mas, yakni Integritas, Sikap Positif, Berkomitmen, Perbaikan Berkelanjutan, Inovatif dan Loyal.

Kini sebagai sebuah brand, Sinar Mas menaungi sejumlah perusahaan dengan nilai korporasi dan sejarah yang sama, namun masing-masing dari mereka independen dengan manajemen tersendiri.

 Baca Juga: Eka Tjipta Miliki Harta Rp120,4 Triliun

Perusahaan tadi, bergerak di sektor pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estat, jasa keuangan, telekomunikasi dan data, serta energi dan infrastruktur. Belakangan, Sinar Mas juga memasuki pula ranah bisnis digital ventures.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini