nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Cabut Sanksi Atas Perusahaan Rusia

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 28 Januari 2019 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 28 320 2010239 trump-cabut-sanksi-atas-perusahaan-rusia-icqDKHreC1.jpg Hasil Tambang Rusal Krasnoyarsk (Foto: Reuters)

WASHINGTON — Pemerintahan Amerika Serikat (AS)  telah mencabut sanksi-sanksi atas perusahaan-perusahaan Rusia yang terkait dengan sosok berpengaruh Oleg Deripaska, meskipun ada dorongan dari Demokrat untuk tetap mempertahankan sanksi itu.

Kubu Demokrat dan beberapa tokoh Republik pernah berargumen bahwa perusahaan-perusahaan yang dipertanyakan itu, raksasa alumunium Rusia Rusal, perusahaan induknya En+ Group, dan perusahaan energi JSC EuroSibEnergo, ada di bawah kontrol Deripaska.

Baca Juga: Pemerintahan AS Buka Kembali tapi Gaji PNS Belum Jelas Kapan Dibayar

Tapi Departemen Keuangan AS hari Minggu mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan itu telah mengurangi kepemilikan saham langsung dan tidak langsung Deripaska dan memutus kontrolnya.

Dikatakan langkah itu menjamin agar sebagian besar direktur yang duduk dalam direksi En+ dan Rusal adalah direktur independen, termasuk warga AS dan Eropa, tanpa ikatan dengan Deripaska.

Baca Juga: Menkeu AS: Ada Kemajuan Perundingan Dagang dengan China

Namun Depkeu masih tetap mempertahankan beberapa sanksi personal terhadap Deripaska.

Para pendukung sanksi-sanksi itu pernah berargumen bahwa meskipun kepemilikannya dikurangi, Deripasaka seorang sekutu dekat Presiden Vladimir Putin, akan tetap mengendalikan perusahaan-perusahaan itu.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini