nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Cabai Anjlok, Petani: Sekarang Rp23.000/Kg

Selasa 29 Januari 2019 08:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 29 320 2010696 harga-cabai-anjlok-petani-sekarang-rp23-000-kg-g1VVTHHNfA.jpg cabai (Foto: Okezone)

JAKARTA - Petani di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeluhkan harga cabai merah saat ini yang jatuh hingga posisi Rp23.000 per kilogram.

"Harganya benar-benar jatuh dari Rp35.000 per kilogram menjadi Rp23.000 per kilogram, kondisi harga tersebut di satu sisi menguntungkan konsumen tetapi petani belum begitu beruntung," kata Seorang Petani Cabai Merah Acoi dilansir dari Antara, Selasa (29/1/2019).

Ia menjelaskan, kondisi harga cabai yang selalu berfluktuasi tergantung dengan mekanisme pasar namun situasi tersebut kadang-kadang merugikan petani.

Baca Juga: Harga Cabai Sempat Anjlok, Mentan: Sekarang Sudah Normal

"Situasi yang merugikan petani itu di saat masa panen tiba, kemudian harga cabai merah anjlok sementara produksi melimpah," ujarnya.

Sementara Salim, petani cabai merah lainnya mengatakan, dengan kondisi harga cabai merah saat ini belum begitu menguntungkan petani.

"Kendati tidak merugi namun tidak begitu untung karena biaya produksi tinggi sementara harga cabai merah jatuh," ujarnya.

Menurunnya Pasokan dari Petani, Cabai Keriting Merah Naik 20% 

Ia mengatakan, keuntungan petani Bangka Tengah terutama yang tergabung dalam kelompok karena sekitar 80% menggunakan pupuk organik dengan biaya operasional lebih rendah dibanding menggunakan pupuk kimia.

"Keuntungannya karena kami menggunakan pupuk organik dan ada dukungan dari pemerintah daerah sehingga harga Rp23.000 per kilogram masih bisa mendapatkan untung," ujarnya. (KR-AMD).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini