nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lepas Status BUMN, PT PP Melebur ke Holding Perumahan

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 31 Januari 2019 09:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 31 470 2011759 lepas-status-bumn-pt-pp-melebur-ke-holding-perumahan-me9LnrhapE.jpg Kementerian BUMN (Foto: Okezone)

JAKARTAPT PP (Persero) Tbk (PTPP) secara resmi melebur dalam Holding BUMN Sektor Perumahan dan Pengembangan Kawasan bersama lima perusahaan pelat merah lainnya.

Direktur Utama PT PP Lukman Hidayat mengatakan, keputusan tersebut telah disetujui oleh para pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Dalam RUPSLB ini telah disetujui perubahan anggaran dasar perusahaan dengan penghapusan status persero menjadi nonpersero.

Baca Juga: Holding BUMN Perumahan dan Infrastruktur Rampung Pertengahan Februari

“Penghapusan ini menjadi bagian dari pembentukan holding BUMN yang berada di bawah kendali Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional atau Perum Perumnas,” kata Lukman di Jakarta kemarin. Nantinya PT PP akan bergabung dan bersinergi dengan sejumlah BUMN lainnya, seperti PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Amarta Karya, PT Bina Karya, dan PT Indah Karya.

Sebanyak 51% saham Seri B milik pemerintah dialihkan sebagai penyertaan modal negara ke dalam modal saham Perum Perumnas, sedangkan saham Seri A tetap dimiliki oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN.

bumn

“Ini akan memperkuat posisi PT PP dalam rangka penciptaan nilai tambah dan optimalisasi pengembangan bisnis yang akan memberikan dampak yang besar bagi masyarakat, pemerintah, ataupun BUMN anggota holding,” ujar Lukman.

Dengan terbentuknya holding ini, maka menurut dia, PT PP akan meningkatkan kapasitas pendanaan, peningkatan belanja modal, peningkatan pendapatan, peningkatan efisiensi biaya, peningkatan laba, serta ekuitas.

(Heru Febrianto)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini