nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I Ditargetkan Beroperasi Kuartal I-2019

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 01 Februari 2019 15:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 01 320 2012462 tol-cimanggis-cibitung-seksi-i-ditargetkan-beroperasi-kuartal-i-2019-S5afxkuQoE.jpg Foto: Jalan Tol (Okezone)

JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) menargetkan pengoperasian jalan tol Cimanggis-Cibitung seksi I pada kuartal I-2019. Meskipun pihaknya tidak bisa memastikan waktu persisnya kapan untuk mengoperasikan jalan tol tersebut.

Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan uji layak operasi (ULO). Pengujian sendiri dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Cimanggis-Cibitung seksi I, itu telah siap operasi. Kita carikan izinnya ke ULO. Jadi intinya kalau kerjaannya itu kita sudah buktikan kalau kita kerja sangat bagus," ujarnya saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Jumat (1/2/2019).

Baca Juga: Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Segera Beroperasi

Putra menambahkan, untuk tol Cimanggis-Cibitung seksi I itu memiliki panjang 3,2 kilometer (km) yang meliputi Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya. Saat ini sendiri progres konstruksi masih terus berlangsung.

Progres konstruksi saat ini sudah mencapai 80,95% meksipun masih terkendala pembebasan lahan. Pembebasan lahan sendiri saat ini mencapai 93,66%

"Masalahnya itu adalah masalah pembebasan tanah. Artinya perlu proses karena kan pemiliknya banyak," katanya.

Sebagai informasi, pembangunan jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I terus dilakukan dan ditargetkan selesai pada Desember 2018 mulanya. Namun, setelah itu ditargetkan bisa rampung dan beroperasi Februari 2019.

Ruas tol sepanjang 3,5 kilometer itu dibangun oleh PT Waskita Toll Road selaku kontraktor pelaksana dengan biaya investasi sebesar Rp 3,5 triliun.

Akses keluar di Cimanggis akan terhubung dengan Jalan Transyogi, Cibubur. Sebagaimana kita ketahui, selama ini lalu lintas Cibitung–Cibubur sering terjadi kemacetan lalu lintas.

Kemacetan itu terjadi karena banyaknya jumlah kendaraan yang antara lain berasal dari sejumlah perumahan yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Baca Juga: Kemenhub Tegaskan Jalan Tol Motor Masih dalam Kajian

Pembangunan tol Seksi I ini dilakukan bersamaan dengan Seksi II yang berujung sampai di Cibitung dan diharapkan selesai pada 2019.

Jika nantinya konstruksi Seksi I dan II sudah selesai, total panjang jalan tol tersebut mencapai 26 kilometer. Adapun nilai keseluruhan investasinya sekitar Rp8,5 triliun.

Sementara itu, Seksi II meliputi On/Off Ramp Jatikarya - Junction Cibitung sepanjang 23,3 km. Seksi ini masih mencapai pembebasan lahan 65,02% dan realisasi konstruksi 26,36%

Secara keseluruhan, Tol Cimanggis-Cibitung memiliki panjang 26,5 km dengan total investasi Rp 4,52 triliun. Konsensi operasional Tol Cimanggis-Cibitung didapat oleh anak usaha Waskita Karya, yakni Waskita Toll Road melalui PT Cimanggis Cibitung Tollways.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini