Sebelum Dirikan Facebook, Mark Zuckerberg Pernah Ditawari Buka Waralaba McDonald

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2019 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 06 320 2014363 sebelum-dirikan-facebook-mark-zuckerberg-pernah-ditawari-buka-waralaba-mcdonald-x8RXeKVk1e.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

NEW YORK - Kisah sukses Mark Zuckerberg di bidang internet tidak akan terjadi jika dia dan ketiga saudara perempuannya mengambil tawaran ayahnya untuk terjun menggeluti bisnis waralaba McDonald’s.

Zuckerberg terkenal karena telah meluncurkan Facebook pada 15 tahun lalu. Sebelum itu, ada kisah menarik di mana sang ayah memberikan tawaran kepada Mark alternatif sekolah yaitu dengan membuka waralaba McDonald's.

"Ayah saya cukup lucu, tepat sebelum masing-masing dari kami pergi ke perguruan tinggi menawarkan kepada kami pilihan untuk pergi ke perguruan tinggi atau suka berinvestasi dalam waralaba dan menjalankannya," kata Saudara Perempuannya Randi Zuckerberg dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan Laurie Segall, dilansir CNN Business, Rabu (6/2/2019).

Baca Juga: Facebook Investasi Rp4,3 Triliun untuk Program Berita hingga Konten

Dengan perasaan campur, saudara perempuannya mengatakan pada orangtuanya bahwa mereka mendukung semua keputusannya.

"Saya pikir mereka seperti oke, Anda mungkin seharusnya mengambil uang waralaba McDonald's jika anda menginginkan bisnis. Tetapi, ini mungkin pilihan yang baik kedua," kata Randi Zuckerberg.

Asal tahu saja, Facebook sekarang memiliki USD2,32 miliar pengguna bulanan di seluruh dunia, dan menghasilkan USD16,9 miliar pendapatan selama kuartal terakhir. Sedangkan kekayaan Mark Zuckerberg diperkirakan bernilai USD65,3 miliar.

Sedangkan Randi Zuckerberg adalah CEO Zuckerberg Media yang dia produksi sendiri. Sebelumnya, dia merupakan karyawan awal di Facebook dan memimpin upaya video langsung awal di platform.

Baca Juga: Bos Facebook Rugi Rp218 Triliun Gara-Gara Banyak Skandal

Portofolionya mencakup acara TV untuk anak-anak tentang seorang gadis yang paham teknologi bernama Dot, pengalaman munculan untuk anak-anak bernama Sue's Tech Kitchen dan acara Radio Bisnis Sirius XM tentang tren teknologi terbaru.

Tetapi sebelum memulai perusahaannya sendiri, dia meninggalkan pekerjaan di biro iklan besar untuk bergabung dengan Facebook. Dia ingat terbang ke California untuk pertama kalinya bertemu dengan tim Facebook kecil yang bekerja di sebuah rumah di pinggiran kota dan menasihati mereka dengan logo baru.

Itu adalah hari-hari yang lebih sederhana. Sekarang Facebook bergulat dengan campur tangan pemilihan asing, skandal privasi dan penyebaran informasi yang salah pada platformnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini