nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertumbuhan Ekonomi Bisa 7% kalau Pemerintah Dorong Investasi

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 18:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 07 20 2014963 pertumbuhan-ekonomi-bisa-7-kalau-pemerintah-dorong-investasi-2Sq3oaMq42.jpeg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa saja mencapai 7%. Namun hingga saat ini, angka tersebut masih jauh karena ekonomi Indonesia hanya tumbuh 5,17% pada 2018.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Munawir Messi mengatakan, bahwa ada beberapa cara untuk bisa mendorong atau menggenjot pertumbuhan ekonomi mencapai 7%.

Baca Juga: Jokowi: Ekonomi Global Masih dalam Kondisi Tidak Baik

"Salah satunya yakni dengan kita mendorong pertumbuhan investasi yang masif. Di mana secara tahunan, kita harus mencapai sekitar 40% dan ini bukan suatu yang ringan tapi sangat berat," ujarnya, di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Dia menjelaskan bahwa pemerintah saat ini membutuhkan rata-rata pertumbuhan di atas 7%. "Supaya bisa menjadi negara kelompok berpendapatan tinggi," tuturnya.

grafik

Maka itu, lanjut dia, untuk mengarah ke arah tersebut, harus perlu reformasi yang komprehensif menyentuh persoalan mendasar terutama dari sisi supply side perekonomian.

"Tanpa sentuhan yang mendasar itu saya kira kita mimpi untuk keluar dari perangkat middle income trap," tuturnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini