nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warren Buffett: Anda Tidak Akan Kaya jika Lakukan Hal Ini

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2019 14:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 07 278 2014837 warren-buffett-anda-tidak-akan-kaya-jika-lakukan-hal-ini-9zwRyXVOlT.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA – Investor kawakan Warren Buffett membagi tips bagi investor yang mau menjadi kaya dengan menanamkan modalnya di bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street.

Buffett dan mitra bisnis lamanya Charlie Munger secara khusus mencoba untuk tidak membuat prediksi besar pada arah ekonomi dan pasar saham. Dia tidak akan membiarkan ramalan dari orang lain memengaruhi keputusannya dalam perdagangan saham.

"Kamu tidak bisa kaya, jika percaya pada prediksi arah ekonomi," kata Buffett seperti dilansir dari CNBC, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Baca Juga: Waren Buffet: Pasar Saham Tegang, Coba Baca Puisi Abad ke-19

Dia mencontohkan, ketika itu ada dua juta saham Coca-cola diperdagangkan. Buffett yang juga disebut Oracle of Omaha (Peramal dari Omaha) menjelaskan kepada audiensi bahwa banyak orang yang menjual dan banyak orang yang membeli.

Dia mengatakan, jika Anda berbicara dengan satu orang, maka Anda akan hanya akan mendengar satu hal. Tapi, Buffett menyarankan, supaya tidak boleh membuat keputusan dalam sekuritas berdasarkan apa yang dipikirkan orang lain.

“Sebuah jajak pendapat publik tidak akan membuat Anda kaya di Wall Street,” kata Buffett.

Baca Juga: Warren Buffett Ungkap 1 Tips Berharga Ubah Hidup 50% Lebih Baik

Sementara saran ini diberikan lebih dari dua dekade lalu itu berlaku dari sekarang dan sebelumnya dengan prevalensi media sosial. Banyak pendapat di luar sana sekarang dan lebih banyak berita dari sebelumnya bagi investor untuk memilah-milah.

Saran Buffett adalah untuk mengatasi kebisingan ini dengan tetap berpegang pada perusahaan yang Anda rasa dapat Anda kenal dan memiliki keunggulan dibandingkan orang lain dalam mengevaluasi.

“Jadi, Anda benar-benar ingin tetap dengan bisnis yang Anda rasa dapat anda evaluasi sendiri,” katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini