nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Formula Harga BBM, Premium Jadi Turun Rp100/Liter

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Minggu 10 Februari 2019 18:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 10 320 2016029 ada-formula-harga-bbm-premium-jadi-turun-rp100-liter-NRSgjhwuPt.jpg BBM (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM). Formula ini diklaim berhasil menurunkan harga jual BBM.

Direktur Jendral Migas Djoko Siswanto menyatakan, selain BBM nonsubsidi, harga BBM jenis Premium juga ikut mengalami penurunan. Harga jual Premium untuk di Jawa, Madura, Bali (Jamali) kini sama dengan di luar Jamali.

Baca Juga: Ini Formula Harga Jual Eceran BBM Nonsubsidi

"Pertamina juga telah menurunkan harga (Premium) menyesuaikan harga dengan harga di Jawa, Bali," katanya di Kementerian ESDM, Minggu (10/2/2019).

Dengan begitu, harga Premium di Jamali turun Rp100 dari sebelumnya Rp6.550 per liter menjadi Rp6.450 per liter.

Penjualan BBM Pertalite Meningkat  

Untuk diketahui, pemerintah menetapkan formula harga dasar yang digunakan dalam perhitungan harga jual eceran Jenis BBM Umum yang disalurkan melalui SPBU/SPBN sebagai pedoman bagi Badan Usaha untuk menetapkan harga jual eceran Jenis BBM Umum yang disalurkan melalui SPBU/SPBN.

Adapun harga BBM yang mengalami penurunan pada PT Pertamina (Persero) berlaku untuk produk pertalite, pertamax cs, serta solardex, dan dexlite. Beberapa lembaga penyalur yang mengalami penurunan harga sebelumnya seperti SPBU Shell, Total, AKR, Exxonmobil, Vivo dan lainnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini