nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Industri 4.0 Gerus SDM, Menteri PUPR: Enggak Mungkin Menterinya Robot

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 11 320 2016326 industri-4-0-gerus-sdm-menteri-pupr-enggak-mungkin-menterinya-robot-yhCSvIan41.jpeg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Giri/Okezone

JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah mengembangkan revolusi industri 4.0. Namun wacana pengembangan ini banyak ditentang karena disebut akan menggerus Sumber Daya Manusia (SDM).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut industri 4.0 tidak akan menggantikan peran manusia. Karena di dalam teknologi canggih pasti ada tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Baca Juga: RI Sibuk Kejar Industri 4.0, Jepang Masuki Era Society 5.0

"Jadi yang namanya 4.0 ini pasti berhubungan beyond internet. Kalau 3.0 kan internetnya. Tapi. Ikan berarti meniadakan SDM ya," ujarnya di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (11/2/2019 )

Basuki juga menyebut jika nantinya industri 4.0 ini akan bergeser pada industri robotic. Industri ini nantinya akan menggunakan tenaga robot untuk melakukan pekerjaan manusia.

Namun lanjut Basuki, keberadaan robot juga nantinya tidak sepenuhnya akan menggantikan manusia. Karena robot juga merupakan buatan tangan manusia.

basuki

Khusus di PUPR sendiri lanjut Basuki, setiap tahun akan tetap menerima rekrutmen khususnya tenaga muda. Karena bagaimana pun secanggih apapun jaman Kementerian PUPR akan tetap membutuhkan tenaga manusia yang handal.

"Gak mungkin robot menggantikan manusia yang buat robot pun manusia. Ga mungkin yang jadi Menterinya itu robot," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini