nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buntut Taruna Tewas, Kemenhub Lantik Direktur ATKP Makassar yang Baru

Mulyani, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 17:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 11 320 2016452 buntut-taruna-tewas-kemenhub-lantik-direktur-atkp-makassar-yang-baru-0FqqyTnpZ0.jpg Ilustrasi Pelantikan Pejabat (Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono melantik Achmad Setiyo Prabowo sebagai Direktur Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar yang baru, siang ini. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang Kutai Gedung Karsa Kantor Pusat Kementerian Perhubungan.

“Saya minta kepada direktur untuk turun langsung dan berada di tengah-tengah taruna dan kalau bisa setiap hari berada di lokasi. Bangunlah sistem yang baik agar kita semua bisa berjalan dan bekerja dengan sebaik baiknya,” ujar Djoko Sasono seperti dikutip keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (11/2/2019).

 Baca Juga: Direktur ATKP Makassar Dinonaktifkan Pasca-Taruna Tewas Dianiaya Senior

Kemudian, Sesjen Djoko Pramono juga menyampaikan harapannya untuk Direktur ATKP Makassar yang baru untuk bekerja keras dan kuat menghadapi amanah barunya.

“Sebagai pimpinan tertinggi saya minta bekerja lebih keras lagi. Tidak boleh ada lagi hal-hal yang terjadi seperti kemarin. Ini pelajaran yang menjadikan kita harus lebih dewasa dan kuat lagi,” katanya.

Selain melantik Direktur ATKP Makassar, Sesjen juga melantik Direktur ATKP Medan dan Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang serta 16 Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Kementerian Perhubungan. Sesjen berharap agar seluruh pejabat yang baru dilantik untuk meningkatkan kedisiplinan di masing-masing unit dengan melakukan pekerjaan secara benar dan baik.

 Baca Juga: Fakta-Fakta Taruna ATKP Dianiaya Senior hingga Tewas, Nomor 4 Miris

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah menonaktifkan Direktur ATKP Makassar Agus Susanto akibat adanya kekerasan yang terjadi pada taruna ATKP Makassar yang dilakukan oleh seniornya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, setelah melakukan investigasi internal pihaknya menduga telah terjadi penyimpangan terhadap sistem dan prosedur yang berlaku sehingga menyebabkan musibah yang terjadi pada Taruna ATKP Makassar. Namun demikian, untuk penyebab pastinya, pihaknya masih menunggu hasil investigasi dari penyelidikan yang tengah dilakukan pihak kepolisian.

“Berdasarkan hasil investigasi internal, kami memutuskan untuk melakukan pergantian personil terhadap seluruh lini di ATKP Makasar yang terlibat pada saat kejadian,” ungkapnya.

 Baca Juga: Polisi Sudah Periksa 24 Saksi Usut Kasus Kematian Taruna ATKP Makassar

Menhub menegaskan bahwa BPSDMP yang menaungi sekolah-sekolah perhubungan di seluruh daerah secara tegas telah menerapkan aturan-aturan dan SOP untuk menjauhi dan mencegah terjadinya kekerasan di dalam kampus atau sekolah antar taruna.

“Pembenahan pola pengasuhan, dan sosialisasi secara terus menerus telah disampaikan oleh dosen, para pengawas dan unsur kampus atau sekolah kepada para taruna setiap mengajar. Kami selalu ingatkan bahwa budaya kekerasaan bukanlah hal yang benar, karena di dunia kerja pun tidak ada senior junior, yang ada profesionalisme dalam pembelajaran,” katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini