nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hitungan Tarif Tol Trans Jawa Sudah Paling Pas

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 18:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 12 320 2016972 hitungan-tarif-tol-trans-jawa-sudah-paling-pas-vGsKsD8nBC.jpg Proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek (Foto: Yohana)

JAKARTA - Tarif Tol Trans Jawa banyak mendapatkan kritik dari berbagi pihak. Pasalnya, tarif Tol Trans Jawa dinilai terlalu mahal baik itu bagi kendaraan pribadi maupun logisitik.

Menanggapi hal tersebut, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho mengatakan, tarif yang ada saat ini sudah paling optimal ditetapkan oleh pemerintah. Karena tarif tersebut sudah melalui perhitungan dari mulai inflasi maupun pertumbuhan ekonomi dan investasi dari jalan tol tersebut.

"Dengan pertumbuhan ekonomi dengan inflasi angka perhitungan keekonomian infrastruktur itu saat ini sudah diperhitungkan paling optimum," ujarnya saat ditemui di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Baca Juga: Tol Trans Jawa Mahal, Menteri PUPR: Yang Protes Sopir Truk Bukan Pengusaha

Menurut Yanuar, murah atau mahal merupakan hal yang relatif karena untuk menentukan mahal dan murah harus ada referensi dan juga pembandingnya.

"Menghitung akal ekonomi itu, melihat murah atau mahal itu relatif," ucapnya.

Oleh karena itu lanjut Yanuar, bagi mereka yang menyebut jika tarif tol tersebut mahal harus bisa memperlihatkan data validnya. Dan juga harus bisa memperlihatkan bagaimana perhitungannya jika tarif jalan tol tersebut disebut mahal.

"Jadi waktu kemarin meributkan soal tarif tol terlalu mahal itu saya malah ingin bertanya referensinya itu apa memperhitungkan inflasi atau tidak," katanya.

Baca Juga: Tarif Tol Indonesia Disebut Lebih Mahal dari Malaysia? Ini Fakta Sebenarnya

Lagi pula lanjut Yanuar, meskipun dibilang mahal cukup banyak juga kendaraan yang menggunakan jalan bebas hambatan tersebut. Bahkan dirinya melihat langsung jika kendaraan pembawa sayur memilih menggunakan jalan tol demi mendapatkan waktu tempuh yang lebih cepat.

"Saya melihat sendiri bagaimana mobil-mobil kecil yang isinya sayuran itu lewat jalan tol," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini