nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Kesalahan Pengusaha dalam Cashflow Management, Apa Saja?

Rikhza Hasan, Jurnalis · Kamis 14 Februari 2019 11:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 14 320 2017776 8-kesalahan-pengusaha-dalam-cashflow-management-apa-saja-cw4nmWhNsf.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Paling tidak ada delapan kebiasaaan buruk yang tidak disadari oleh para pengusaha, khususnya pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam hal manajemen arus kas (cashflow management). Kebiasaan buruk ini dapat mempengaruhi performa usaha.

Pendiri dan CEO dari Top Coach Indonesia, Coach Tom MC Ifle menyebut, hal pertama yang menjadi kebiasaan buruk tersebut adalah piutang yang tidak terkendali. “Akhirnya karyawan takut melakukan penjualan,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/2/2019).

Kedua, tidak memiliki sistem kontrol cashflow. Lalu ketiga adalah tidak tahu cara membuat cash protection. eempat, pengusaha umumnya malas menganalisa laporan keuangan.

Baca juga: 5 Tren Bisnis yang Bakal Ramai di 2019, Ada Robot Sosial hingga Mobil Listrik

Kelima, tidak paham cara membaca rasio keuangan. Keenam, kesulitan dalam mendapatkan data keuangan. Tujuh, hanya perhatian pada uang keluar dan masuk. “Delapan, tidak mampu mengukur kesehatan bisnis melalui cash analysis,” sebutnya.

 

Dia melanjutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung sektor UKM di Indonesia. Perhatian khusus dari pemerintah ini patut diapresiasi karena kini, sektor UKM tercatat sebagai kontributor utama dalam meningkatnya produk domestik bruto (PDB) serta lapangan kerja di Indonesia.

"Tapi, berdasarkan riset Fundera tahun 2017, 82% penyebab kematian bisnis adalah akibat kehabisan modal. Sementara 46% dari bisnis kecil gagal karena ketidakmampuan mengelola manajemen secara professional," kata Tom.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini