nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Menteri Rini Gendong Kambing

Ade Rachma Unzilla , Jurnalis · Sabtu 16 Februari 2019 18:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 16 320 2018836 aksi-menteri-rini-gendong-kambing-p0cPayYSY4.png Foto: Menteri Rini Gendong Kambing (Instagram)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno melakukan kunjungan kerja ke kawasan Perhutanan Sosial Desa Burno, Kecamatan Senduro, pada Jumat 15 Februari 2019. Ini merupakan salah satu kawasan hutan sosial di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Dilansir dari laman instagram Kementerian BUMN, Sabtu (16/2/2019), Hutan Sosial Desa Burno merupakan kawasan hutan negara yang diberikan kepada masyarakat setempat untuk dioptimalkan menjadi sumber pendapatan dan penggerak ekonomi masyarakat. Penggunaan lahan negara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Pemerintah memberikan dukungan berupa SK pengakuan dan perlindungan kemitraan bagi kelompok Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonosari Lestari di Desa Burno dengan luas lahan sebesar 940 Ha dan anggota sebanyak 367 KK.

“Petani di Desa Burno memanfaatkan hutan sosial ini untuk aktivitas peternakan, pemeliharaan rumput, madu dan perkebunan kopi,” tulis instagram Kementerian BUMN.

 Baca Juga: Menteri Rini Panen Lele di Garut : Rasanya Enak

Dalam kunjungan kerja ini, Rini pun beraksi seperti peternak, yakni memberi makan rumput ke sapi hingga menggendong kambing.

Dua BUMN yaitu Perum Perhutani dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk turut bersinergi dalam program ini. Perhutani menyediakan lahan hutan yang siap digunakan untuk mendukung program perhutanan sosial, sementara BNI memberikan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) kepada petani penggarap.

 

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini