nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa yang Membuat Harga Sewa Apartemen di Jakarta Mahal?

Minggu 17 Februari 2019 10:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 16 470 2018789 apa-yang-membuat-harga-sewa-apartemen-di-jakarta-mahal-J8QNSSghtf.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Jakarta adalah salah satu kota dengan jumlah apartemen terbanyak. Dengan wilayah yang cukup luas dan statusnya sebagai ibu kota negara, beragam jenis apartemen bisa ditemukan di wilayah kota ini. Bahkan, sewa apartemen murah di Jakarta sekarang sudah semakin mudah ditemukan.

Seperti dikutip Orento, Jakarta, Minggu (17/2/2019), Anda mungkin melihat bahwa di beberapa apartemen di Jakarta, harga sewa apartemen di lantai atas lebih mahal dibandingkan lantai yang lebih rendah. Ternyata, hal tersebut tidak berlaku di semua tempat.

Lain Ladang Lain Belalang, Lain Lubuk Lain Ikannya

Peribahasa tersebut menggambarkan bahwa setiap daerah memiliki kebiasaan yang berbeda. Jika di Jakarta atau Indonesia pada umumnya apartemen di lantai atas memiliki harga sewa yang lebih mahal, lain halnya dengan di negara lain.

 Baca Juga: Miliarder Ini Beli Apartemen Termahal, Harganya Rp3,3 Triliun

Di negara maju seperti Amerika Serikat, apartemen di lantai yang lebih rendah memiliki harga yang lebih mahal dengan selisih harga 50 USD per lantainya.

Hal ini dikarenakan banyak penyewa lebih mengutamakan efisiensi saat naik dan turun apartemen, kemudahan saat akan berpindah apartemen, serta keamanan yang lebih terjamin jika ada bencana.

Sewa Apartemen di Jakarta: Semakin Tinggi Letak Lantai, Semakin Mahal Harganya

Sebaliknya, di beberapa wilayah di Jakarta, apartemen yang berada di atas lantai 10 memiliki harga jual dan harga sewa yang lebih mahal. Terlebih lagi, unit yang lebih luas dan mewah juga diposisikan di lantai-lantai atas tersebut.

 Baca Juga: 5 Tips Hemat Sewa Apartemen di Jakarta

Sebagai contoh, harga sewa di apartemen City Home MOI, Jakarta Utara. Satu unit furnished property dengan dua kamar tidur di lantai 2 disewakan dengan harga Rp6.500.000 per bulan. Berbeda sedikit dengan unit dengan spesifikasi yang sama di lantai 17 atau 21 yang ditawarkan dengan harga Rp7.000.000 per bulan.

Apa Alasan dari Perbedaan Harga Tersebut?

Perbedaan harga tersebut ditemukan juga di beberapa apartemen ternama di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Ternyata, berikut adalah beberapa alasannya:

● Lebih Memiliki Privasi

Apartemen di atas lantai 10 dinilai lebih memiliki privasi karena tidak sembarang orang bisa naik ke lantai atas. Berbeda dengan apartemen di lantai dasar yang mungkin bergabung dengan tenant fasilitas umum sehingga banyak orang lalu-lalang.

● Pemandangan Indah

Terutama bagi orang-orang yang sibuk bekerja, tinggal di hunian dengan pemandangan indah bisa menjadi obat lelah. Apartemen di ketinggian menawarkan city view yang luas, terutama jika memiliki banyak kaca. Harga sewa unit bisa lebih mahal lagi jika pemandangan berupa kolam renang yang menyejukkan, atau berhadapan dengan suasana alam.

● Bebas Polusi Udara dan Suara

Di kota besar seperti Jakarta, udara yang penuh debu dan suara bising jalanan memang menjadi masalah tersendiri. Semakin tinggi letak sebuah apartemen, semakin berkurang pula kadar polusi udara dan suara ini. Inilah yang membuat banyak orang rela membayar harga sewa yang lebih mahal demi mendapatkan ketenangan dan suasana yang lebih sehat.

Meskipun begitu, fakta perbedaan harga tidak berlaku mutlak di setiap apartemen. Beberapa pengelola apartemen berhasil mengelola lingkungannya agar nyaman bagi semua penghuni di setiap lantai. Selain itu, perlu diingat juga ada faktor lain yang bisa berpengaruh pada harga sewa apartemen murah di Jakarta seperti desain interior, kondisi furnitur, luas unit, dan terawat atau tidaknya apartemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini