Share

Ada Dana Bantuan Biaya Layanan Pengelolaan Sampah, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2019 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 21 20 2021014 ada-dana-bantuan-biaya-layanan-pengelolaan-sampah-ini-penjelasan-sri-mulyani-inYn87C1f1.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Humas Kemenpan RB)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menghadiri rapat kerja nasional (Rakernas) Indonesia Bersih di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta. Semua kepala daerah di Indonesia hadir untuk membahas sampah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun menjelaskan terkait kebijakan dana bantuan biaya layanan pengelolaan sampah (BLPS) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

Baca Juga: Menko Luhut Beberkan 5 Strategi Atasi Sampah Plastik

"Dana bantuan BLPS ini merupakan transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) melalui Dana Alokasi khusus (DAK) non-fisik dalam rangka operasional penanganan sampah, sesuai Pasal 15 Perpres no 35 tahun 2018," ujarnya, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Dia menjelaskan, nantinya dana tersebut digunakan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan melalui pengurangan sampah secara signifikan.

Baca Juga: Menteri Luhut: Dunia Soroti Sampah di Sungai Citarum

"Dana itu nantinya untuk mendukung daerah yang mengalami darurat sampah, serta masuk dalam program prioritas nasional untuk pengelolaan sampah menjadi energi ramah lingkungan di 12 daerah," ujarnya.

Dia menambahkan, pengalokasian dana kepada daerah itu dilakukan dengan mempertimbangkan produksi sampah dan satuan biaya bantuan BLPS. "Serta memperhatikan komitmen Pemda untuk penanganan sampah melalui APBN," katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini