nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prabowo Miliki Tanah Ratusan Ribu Hektare, Ini Sederet Faktanya

Okky Wanda lestari, Jurnalis · Sabtu 23 Februari 2019 06:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 21 470 2021140 prabowo-miliki-tanah-ratusan-ribu-hektare-ini-sederet-faktanya-0oEbgtKUKp.jpg Capres Nomor 02 Prabowo Subianto (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Dalam debat kedua pemilihan presiden (Pilpres), terungkap jika Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto memiliki ratusan hektar (ha) tanah di Kalimantan dan Aceh. Fakta tersebut terungkap ketika capres petahana Joko Widodo mengungkap dalam debat Capres.

Berikut Beberapa fakta mengenai ratusan ribu lahan milik prabowo yang telah dirangkum Okezone, Sabtu (23/2/2019).

1. Jokowi Sindir Ratusan Ribu Hektare Lahan Milik Prabowo

Arena debat kedua calon presiden (Capres) jilid kedua di Hotel Sultan, Jakarta, pada Minggu 17 Februari malam, penuh sorak saat capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rivalnya Prabowo Subianto memiliki ribuan hektare lahan di Indonesia.

Baca Juga: Luhut Sebut Tak Ada Lagi Kepemilkan Lahan Berlebih di Era Presiden Jokowi

”Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya," ujar Jokowi, dalam debat.

2. Prabowo Benarkan Miliki Ratusan Hektare Lahan

Setelah disindir Jokowi, Prabowo di ujung debatnya lantas memberikan jawaban. Prabowo mengaku memiliki lahan tersebut, tapi semua itu hanya Hak Guna Usaha (HGU)."Itu benar, tapi semua itu hanya HGU dan milik negara. Jadi, setiap saat negara bisa ambilkan kembali. Untuk negara saya rela, tapi dari pada jatuh ke pihak asing, lebih baik saya yang mengelola. Saya nasionalis dan patriot," kata Prabowo.

3. Rincian Tanah Yang Dimiliki Prabowo

Adapun rincian tanah yang dimiliki Prabowo berada di Kalimantan Timur 220.000 hektar (ha). Sedangkan tanah yang dimiliki Prabowo di Aceh Tengah seluas 120.000 ha. Hal tersebut pun langsung diakui oleh Prabowo terkait lahan yang dimilikinya. Namun Prabowo mengaku siap jika lahan tersebut dikembalikan kepada negara jika dibutuhkan sebab status dari tanah tersebut adalah Hak Guna Usaha (HGU). "Tanah saya kuasai ratusan ribu hektare benar, itu HGU milik negara," ujarnya dalam debat Capres, kemarin di Jakarta.

Baca Juga: Ramai soal HGU Prabowo, Begini Cara BPN Kurangi Penguasaan Tanah

4. Mengenal HGU, Status Lahan Ratusan Hektare Yang Dimiliki Prabowo

Penggunaan lahan Hak Guna Usaha (HGU) sebenarnya sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria. Undang-undang itu mengatur tentang dasar-dasar dan ketentuan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan sumber daya agraria nasional di Indonesia.

Dalam UU tersebut yang dapat memiliki HGU adalah Warga Negara Indonesia dan badan hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia dan berkedudukan di Indonesia. Selain itu syarat untuk memiliki HGU adalah lahan di kawasan hutan yang akan diberikan HGU harus keluar dari status kawasan hutan. Namun jika tanah yang akan dijadikan objek untuk diberikan sertifikat tersebut sudah dimiliki orang lain, maka harus terlebih dahulu diselesaikan. Termasuk jika tanah tersebut sudah terdapat bangunan milik orang lain.

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini