nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengintip Rusun Mahasiswa di Pekalongan yang Bersih dan Penuh Warna

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 23 Februari 2019 11:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 23 470 2021832 mengintip-rusun-mahasiswa-di-pekalongan-yang-bersih-dan-penuh-warna-SLtWTxZoLO.jpeg Rusun Mahasiswa (Foto: Giri/Okezone)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) untuk mahasiswa di Universitas Pekalongan (Unikal). Peresmian sendiri ditandai oleh pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti gedung.

Dari Pantauan Okezone di lapangan, Rumah Susun ini memiliki 4 lantai dan 50 kamar. Setiap kamar terdapat dua tempat tidur susun yang artinya bisa dihuni empat orang setiap kamarnya.

Baca Juga: Tabuh Drum, Menteri Basuki Resmikan 3 Rusun di Pekalongan

Sementara itu, ada juga kamar khusus penyandang disabilitas yang terletak di lantai pertama Rusun. Berbeda dengan kamar umum, kamar khusus disabilitas ini hanya tersedia dua tempat tidur lengkap dengan kamar mandi di dalam yang luas.

rusun

Masing-masing kamar juga dilengkapi dengan lemari dan meja belajar. Diharapkan ini bisa menunjang kegiatan belajar mahasiswa selama menempuh pendidikan di universitas tersebut.

Adapun untuk kamar mandi terletak pada sayap kiri dan kanan bangunan di setiap lantai. Pada setiap kamar mandi terdapat empat bilik shower dan toilet yang dibuat terpisah.

rusun

Yang membuat kamar ini lebih nyaman adalah ada balkon untuk bercengkerama pada setiap kamar. Bahkan jarak antar balkon kamar satu dengan yang lainnya berdekatan agar para penghuni bisa merasakan kekeluargaan yang lebih erat.

rusun

Kemudian di dekat kamar mandi terdapat juga wastafel yang bisa digunakan untuk tempat cuci muka dan piring. Kemudian ada juga tempat khusus mencuci yang terletak berdekatan.

Selain itu, Keunikan dari rusun yang dibangun dengan anggaran Rp 14,8 miliar oleh PT Brantas Abipraya (Persero) ini adalah konsep milenial yang diusung. Konsep tersebut terlihat dari fasad bangunan yang sengaja didesain warna-warni.

rusun

Di samping itu, rusunawa yang dapat memuat 200 orang mahasiswa, dimana empat di antaranya dikhususkan bagi penyandang disabilitas ini juga memiliki ruang prasarana umum yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk melakukan aktivitas kreatifnya.

(kmj)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini