nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penyebab Kelangkaan BBM di Daerah

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Senin 25 Februari 2019 10:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 25 320 2022363 ini-penyebab-kelangkaan-bbm-di-daerah-oR37jB0vIs.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menjelaskan, terdapat keadaan-keadaan tertentu yang dapat menimbulkan kurangnya pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di masyarakat.

"Cuaca buruk contohnya, sehingga kapal pengangkut BBM tidak bisa merapat ke pelabuhan. Penyebab lainnya terkadang ada masyarakat yang membeli dalam jumlah yang banyak," katanya dilansir dari laman Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (25/2/2019).

Namun, Arcandra menegaskan bahwa pemerintah menjamin ketersediaan BBM hingga ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di masyarakat.

 Baca Juga: 39 Titik BBM Satu Harga Dibangun Di Wilayah 3T

Hal ini diungkapkan Arcandra menanggapi pertanyaan masyarakat tentang kelangkaan BBM saat acara peresmian program pemasangan Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS) di Kota Sawahlunto.

"Kita jamin ketersediaan suplai (BBM) ke SPBU hingga ke masyarakat," kata Arcandra.

Di sisi lain, Pemerintah juga sangat mengapresiasi kerja keras dan perjuangan PT Pertamina (Persero) dalam mendistribusikan BBM hingga ke daerah pedalaman yang masuk wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) dalam rangka merealisasikan BBM Satu Harga. Menurut Arcandra, BBM Satu Harga adalah wujud keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kita apresiasi perjuangan Pertamina dalam mendistribusikan BBM Satu Harga. Dan kita berupaya mewujudkannya (BBM Satu Harga), karena bagian dari keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

 Baca Juga: Dua Titik BBM Satu Harga Kembali Diresmikan

Secara nasional, sejak tahun 2017 hingga 2019 akan dibangun 170 penyalur BBM Satu Harga, dimana Pertamina telah membangun 54 lokasi di tahun 2017 dan 68 lokasi di tahun 2018. Sementara badan usaha pendamping sebanyak tiga lokasi di tahun 2017, dan tahun 2018 sebanyak enam lokasi.

Untuk tahun 2019, ditargetkan 39 Penyalur beroperasi oleh Pertamina, di mana satu penyalur telah diresmikan pada tahun 2018, dua penyalur telah uji operasi dan satu penyalur oleh badan usaha pendamping. Dengan demikian, hingga saat ini secara keseluruhan telah beroperasi 133 penyalur BBM Satu Harga.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini