Menhub Dorong Pengunaan Karet untuk Kepentingan Transportasi Darat

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 25 Februari 2019 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 25 320 2022643 menhub-dorong-pengunaan-karet-untuk-kepentingan-transportasi-darat-FeeH4lSUH7.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghadiri rapat koordinasi (Rakor) terkait kebijakan peningkatan serapan karet dalam negeri, di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, hari ini.

Rapat tersebut dipimpin langsung Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dan dihadiri beberapa pihak terkait.

Baca Juga: Atasi Turunnya Harga Karet, RI Koordinasi dengan Thailand dan Malaysia

Usai rapat, Budi Karya mengatakan, tadi dibahas soal penggunaan karet untuk campuran aspal. Kemudian, bahan karet untuk alat-alat fasilitas keselamatan lalu lintas, seperti traffic cone dan water barier. 

"Pasalnya water barier yang ada sekarang banyak rusak, karena banyak ditabrak. Makanya kita akan coba untuk menggunakan bahan karet mungkin akan lebih awet," ujarnya, di Kemenko Perekonomian Jakarta, Senin (25/2/2018).

Baca Juga: Upaya Pemerintah Tingkatkan Harga Karet

Dia menjelaskan, nantinya karet itu,bisa digunakan pada jalan aspal. Di mana, pemerintah ingin meningkatkan produksi karet karena jumlahnya juga cukup banyak di Indonesia.

"Namun diserap banyak untuk kepentingan kita. Ini kan membahas dengan pihak Kemenperin juga," tuturnya.

Dia menuturkan, pihaknya mendorong kepada pelaku industri untuk bisa memproduksi bahan karet untuk kepentingan transportasi darat, seperti traffic cone, water barier, kemudian roler barier.

"Sekarang kan kita pakai guard, dari besi. Maka itu, nantinya kita bakal pakai bahan karet," ungkapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini