nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IPO, Bali United FC Bidik Dana Rp100 Miliar

Selasa 26 Februari 2019 11:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 26 278 2022900 ipo-bali-united-fc-bidik-dana-rp100-miliar-QUFGbEhjDH.jpg Ilustrasi IPO (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – PT Bali Bintang Sejahtera sebagai perusahaan pengelola manajemen klub sepak bola Bali United menyampaikan rencana penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) di hadapan manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam mini expose.

”Kami akan melakukan mini expose di BEI terkait rencana IPO,” kata Direktur Utama PT Kresna Sekuritas Octavianus Budiyanto selaku penjamin pelaksana emisi efek dilansir di Harian Neraca, Selasa (26/2/2019).

Disampaikannya, nilai saham yang dilepas kepada publik setara dengan 33% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Disebutkan, nilai pengalangan dananya bisa mencapai Rp100 miliar lebih. Nantinya, jika rencana tersebut berjalan lancar, maka Bali United akan menjadi klub sepakbola kedua di Asia yang IPO.”Yang pertama dari China, setelah IPI bisa mengalahkan kapitalisasi pasar Menchester United,” jelas dia.

Baca Juga: IPO, Perusahaan Cokelat Ini Pasang Harga Rp178-Rp198 per Saham

Sebagai informasi, kinerja keuangan Bali United ini mencatatkan aset Rp108 miliar. Sebelumnya, Chairman yang juga Owner Bali United FC, Pieter Tanuri tidak membantah dirinya berencana membawa klub bola tersebut tembus pasar modal. “Kalau sampai kami go public, tujuannya adalah memajukan sport di Indonesia. Kami sudah riset sederhana. Di Indonesia, tiga besar sumber devisa adalah batu bara, sawit, dan pariwisata. Sport tidak pernah masuk padahal di Amerika Serikat, 7% APBN-nya berasal dari industri olahraga,” ungkapnya.

Menurutnya, pasar modal dapat menjadi salah satu opsi untuk membesarkan klub bola miliknya, sekaligus industri bola nasional. Pieter menjelaskan dalam beberapa tahun terakhir, sektor sepak bola nasional pun turut menunjukkan perkembangan berarti seperti jumlah penonton yang meningkat signifikan dan keberadaan pelatih yang berkualitas yang semakin banyak.

Dia menyebut studi dan persiapan untuk melaksanakan IPO terus dilakukan perseroan. Bali United merupakan klub sepak bola yang dimiliki oleh pengusaha Pieter Tanuri, pemilik yang sama dengan produsen ban PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA). Situs resminya mengungkapkan, Bali United yang dipimpin oleh YabesTanuriini bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dan berkompetisi di Liga 1. Bali United Football Club adalah klub profesional Indonesia yang didirikan pada 1989, awalnya bernama Putra Samarinda sebelum berganti markas ke Bali dan mengubah namanya menjadi Bali United Pusam pada 2014.

ihsg

Pada periode 2001-2006 Bali United bermain di divisi pertama sebelum promosi ke Liga Super Indonesia. Ya, wacana dan niatan klub sepak bola di Indonesia menggelar IPO bukan kali pertama disampaikan Bali United, sebelumnya ada Persija Jakarta, klub sepak bola asal Persib Bandung dan Arema yang sudah menyampaikan rencana IPO. Namun hingga saat ini belum terealisasi dengan berbagai alasan. Kala itu, PT Persib Bandung Bermartabat tengah menyeleksi tiga calon penjamin pelaksana emisi (underwriter) untuk mendukung IPO.

Direktur PT Persib, Mohammad Farhan pernah bilang, penjamin emisi untuk menangani IPO Persib ada tiga sekuritas yang dijajaki. Dua sekuritas merupakan BUMN dan satunya swasta. Menurutnya, jika semua berjalan lancar maka pihaknya akan segera merealisasikan rencana IPO di semester II tahun 2017 atau di kisaran September hingga Oktober. Namun hingga saat ini belum terlaksana.

Bahkan Persib sudah menyebutkan, jumlah saham yang bakal dilepas sekitar 45% dengan target dana mencapai USD20 juta. Nantinya dana IPO yang diraih perseroan akan digunakan untuk kebutuhan pembangunan pusat pelatihan dengan mini stadion di lahan seluas 4 hektare. Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga dapat menggunakan dana untuk pembelian pemain-pemain baru yang dapat melengkapi kesebelasan Persib di Liga Sepak Bola Indonesia.

(kmj)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini