Telkomsel Alihkan Modal dan Layanan T-Cash ke LinkAja

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Selasa 26 Februari 2019 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 02 26 278 2022960 telkomsel-alihkan-modal-dan-layanan-t-cash-ke-linkaja-IoOywB1R8R.jpg Foto: Reuters

JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) melakukan penyetoran modal nontunai atau inbreng ke PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) berupa bisnis layanan uang elektronik T-Cash.

Inbreng yang disetorkan tersebut berupa bisnis layanan uang eletronik T-Cash. Atas pengalihan tersebut, T-Cash yang semula dikelola oleh Telkomsel menjadi dikelola Finarya dan berubah menjadi LinkAja. Pengalihan tersebut efektif sejak 22 Februari 2019. Demikian seperti dikutip keterbukaan informasi BEI, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

 Baca Juga: Izin BUMN LinkAja Segera Keluar, Bagaimana dengan WeChat dan Alipay?

Saat ini, Telkomsel menjadi pemegang saham mayoritas Finarya dengan komposisi kepemilikan saham sebesar 99,99% dari seluruh saham. Dari kejadian tersebut berdampak pada peningkatan modal yang disetor finarya dan pengalihan bisnis T-Cash dari telkomsel ke Finarya, kemudian perubahan layanan uang elektronik T-Cash menjadi LinkAja.

Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi sebagaimana disebutkan dalam peraturan Bapepam LK Nomor IX.E.1 tentang transaksi afiliasi dan benturan kepentingan transaksi. Namun demikian, transaksi afiliasi ini merupakan transaksi afiliasi yag merupakan penunjang kegiatan usaha utama perusahaan atau perusahaan terkendali.

 Baca Juga: Menteri Rini Pastikan BUMN Saingan GoPay dan OVO Diluncurkan Maret

Telkomsel sendiri adalah anak perusahaan terkosolidasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak dibidang usaha selular. sementara, Finarya adalah anak perusahaan Telkomsel yang bergerak dibidang penyelenggara jasa sistem pembayaran.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini