nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Menteri Jonan Icip Masakan di Dapur Tersambung Jargas

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Rabu 27 Februari 2019 15:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 27 320 2023548 aksi-menteri-jonan-icip-masakan-di-dapur-tersambung-jargas-t7qjYJDpfl.jpg Menteri ESDM Ignasius Jonan Resmikan Jargas di Bogor (Foto: Facebook)

JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan 5.120 sambungan gas rumah tangga, di Kabupaten Bogor hari ini.

Dalam meresmikan sambungan gas, ada yang menarik dari kegiatan mantan Menteri Perhubungan itu. Dia mencoba masakan di salah satu dapur warga yang sudah menggunakan jaringan gas (jargas).

“Mencoba masakan di dapur warga yang sudah tersambung jaringan gas di Kab Bogor,” tulis Jonan seperti dikutip dari Facebooknya, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Baca Juga: Resmikan Jargas di Bontang, Menteri ESDM: Harganya Ekonomis

Menurut Jonan, sambungan gas tersebut banyak manfaatnya. Di antaranya lebih praktis, lebih, hemat, dan lebih aman dibanding tabung elpiji.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menambah jaringan gas untuk rumah tangga dan pelanggan kecil (Jargas) untuk wilayah operasi Bogor, Serang, dan Cirebon. Dari paket pengerjaan tersebut, hari ini, PGN meresmikan perampungan Jargas wilayah Bogor sesuai target pekerjaan yang dimulai sejak bulan Mei 2018.

Penambahan Jargas yang menyasar pengguna rumah tangga ini diharapkan akan meningkatkan penggunaan energi baik yang lebih terjamin dan murah.

Pembangunan Jargas di wilayah Bogor, Serang, dan Cirebon itu merupakan proyek yang didanai anggaran Kementerian ESDM.

Pada tahap pengoperasian nanti, PGN akan memanfaatkan sumber gas berasal dari PT Pertamina EP, dengan volume mencapai 0,2 MMSCFD. Dalam rencana pengoperasian, Jargas tersebut akan mengaliri sebanyak 5.120 sambungan rumah atau SR, tepatnya di wilayah Kecamatan Cibinong dan Bojong Gede.

“Perluasan Jargas ini adalah upaya bersama untuk memperluas dan pemerataan pemanfaatan kekayaan alam negeri ini,” ujar Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo.

Baca Juga: Swasta Diperbolehkan Bangun Jaringan Gas

Dilo mengungkapkan, sejauh ini pemerintah dan PGN bahu membahu melakukan perluasan pembangunan Jargas. Ke depan, katanya, kian banyak skema yang bisa digunakan untuk merealisasikan pembangunan Jargas.

“Gas merupakan energi masa depan yang sangat membantu kehidupan masyarakat. Indonesia melalui PGN mempunyai potensi besar sebagai penyangga dan pelayan bagi masyarakat,” ungkapnya.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini