nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Milenial Mau Punya 2 Rumah Sekaligus? Begini Tipsnya!

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 06 Maret 2019 14:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 06 470 2026594 milenial-mau-punya-2-rumah-sekaligus-begini-tipsnya-7sGtpCicap.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) membagikan tips membeli rumah kepada generasi milenial. Khususnya bagi generasi milenial yang belum memiliki kelaurga atau baru mau memiliki keluarga.

Ketua Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Harry Endang Kawidjaja mengatakan, generasi milenial sendiri merupakan pasar potensial bagi para pengembang. Tak terkecuali juga bagi rumah murah subsidi yang disediakan oleh pemerintah.

Sebab selama ini banyak sekali generasi milenial yang menunda-nunda dalam membeli rumah. Banyak yang beralasan ingin membeli rumah ketika sudah menikah. Sementara untuk saat ini banyak sekali generasi milenial yang memilih untuk fokus untuk gaya hidup dan jalan-jalan.

"Ini saya sudah kasih trik ya bagi pasangan yang mau beli rumah dan belum menikah," ujarnya dalam sebuah diskusi di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

 Baca Juga: Skema Rumah Subsidi untuk PNS, Gaji Rp8 Juta Beli Rumah Rp250 Juta

Menurut Endang, generasi milenial seharusnya membeli rumah terlebih dahulu sebelum menikah. Bahkan seharusnya, calon pasangan kita juga kalau bisa membeli rumah juga dengan fasilitas subsidi, sehingga ketika sudah menikah nanti bisa memiliki dua rumah dengan fasilitas subsidi.

"Beli dulu rumah masing-masing satu rumah. Enggak usah besar-besar yang satu kamar saja. Jadi dari pria satu rumah (subsidi), dari wanita juga satu rumah (subsidi)," katanya.

Menurut Endang, fasilitas subsidi perumahan yang diberikan oleh pemerintah harus bisa dimanfaatkan sebaik dan secepat mungkin. Sebab jika sudah menikah nanti, para generasi milenial hanya bisa membeli satu rumah susbsidi pemerintah saja.

 Baca Juga: 100.000 Generasi Milenial Diprediksi Beli Rumah Tahun Ini

Bahkan, ketika sudah menikah nanti ada kemungkinan mereka tidak bisa mendapatkan fasilitas subsidi FLPP maupun SSB dari pemerintah. Sebab sebagai salah satu syarat dari penerima subsidi rumah dari pemerintah adalah penghasilan maksimal Rp4 juta untuk rumah tapak dan Rp8 juta untuk rumah susun.

"Kenapa? karena kalau sudah berkeluarga itu sudah enggak bisa lagi (dapat subsidi dari pemerintah)," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini