nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Eko Banggakan BUMDes Ini Masuk Sosmed Presiden Jokowi

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 08 Maret 2019 19:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 08 320 2027568 menteri-eko-banggakan-bumdes-ini-masuk-sosmed-presiden-jokowi-qrlMcU8Ykr.jpg Foto: BUMDes di Malang (Ist)

MALANG - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo mengatakan, Kabupaten Malang sebagai proyek percontohan pengembangan perekonomian yang berbasis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hal ini disampaikan Eko saat memberikan pengarahan kepada ratusan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Malang pada Jumat (8/3/2019) di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

"Kabupaten Malang bisa dijadikan contoh nasional, bahkan Pujon Kidul BUMDes-nya begitu berhasil sampai masuk ke sosmednya Pak Presiden langsung," ungkapnya.

 Baca Juga: Luhut: Bank Dunia Sempat Tak Percaya Pembangunan Jalan Desa 191.000 Km

Bahkan Eko akan menjadikan Kabupaten Malang sebagai role model terkait beberapa pengelolaan dana desa melalui pemanfaatan BUMDes.

"Misalnya untuk desa case less saya akan mulai dengan BUMN di Kabupaten Malang. Kemudian ada program percontohan nasional yang kita mulai di Kabupaten Malang. Itu karena komitmen kuat dari Pak Bupati," katanya.

 Baca Juga: Produk Unggulan BUMDes Dipamerkan di Malaysia

Di sisi lain Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Timur Mochammad Yasin juga menyebut akan mengadakan jambore BUMDes se-Jawa Timur yang akan dipusatkan di Kabupaten Malang.

"Ini karena Kabupaten Malang mempunyai banyak contoh BUMDes yang berhasil. Jambore BUMDes se-Jatim nanti akan ditempatkan di Malang. Jadi biar bisa belajar dari Malang," tambahnya.

Saat ini seiring pengelolaan dana desa di Jawa Timur, beberapa BUMDes tumbuh dan terbanyak se-Jawa Timur ada di Kabupaten Malang.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini