nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Disubsidi, Ini Bocoran Pembangunan Rumah Khusus Generasi Milenial

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 08 Maret 2019 16:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 08 470 2027482 disubsidi-ini-bocoran-pembangunan-rumah-khusus-generasi-milenial-acllPrrkeH.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menyiapkan rumah khusus untuk generasi milenial. Pasalnya, perumahan khusus uuntuk generasi milenial ini sudah sangat mendesak keberadaannyaa karena jumlah milenial di Indonesia mancapai 80 juta jiwa.

Direktur Jenderal (Dirjen) Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pihaknya tengah menggodok mengenai konsep hunian seperti apa yang akan digunakan untuk milenial ini. Dari berbagai konsep salah satu yang kemungkinan yang akan digunakan adalah sistem klasterisasi milenial.

Sistem klasterisasi milenial ini nantinya akan membagi generasi milenial menjadi beberapa kelompok. Dari mulai milenial pemula, menengah dan expert.

"Mungkin perlu klasterisasi (hunian) khusus milenial," ujarnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

 Baca Juga: Lebih Mendesak Mana Bangun Rumah untuk PNS atau Milenial?

Khusus untuk milenial pemula nantinya pemerintah bisa memberikan hunian Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa). Adapun biaya sewanya nantinya akan dibantu alias disubsidi pemerintah.

Sebagai salah satu contohnya adalah misalkan harga sewa Rusunawa di Jakarta ada di kisaran Rp1 juta per bulan. Nantinya pemerintah akan memberikan subsidi misalnya Rp300 ribu sehingga milenial cukup sewa rusunawa ini dengan harga Rp700.000 per bulannya.

Hal ini juga yang digunakan oleh Singapura untuk menyediakan hunan kepada generasi milenialnya. Di sana bagi mereka yang baru lulus kuliah dan baru bekerja biasanya mendapatkan subsidi sewa rusun dari pemerintah selama sepuluh tahun.

"Mienial pemula biasanya dia belum ingin punya rumah. Mungkin cocoknya Rusunawa. Seperti di Singapura itu dia 10 tahun masih tinggal di Rusunawa itu tipenya yang bujang dengan sewa yang disubsidi oleh pemerintah," katanya.

 Baca Juga: Jokowi Bakal Bangun 5 Juta Rumah dalam 5 Tahun

Sementara itu, bagi generasi milenial yang mulai naik kelas menuju menengah, nantinya pemerintah akan mengarahkan untuk mendapatkan rumah sendiri. Hunian yang ditawarkan pemerintah itu pun nantinya beragam dari mulai rumah tapak hingga rumah susun atau apartemen.

Sama seperti milenial pemula, yang memasuki kelas menengah ini juga akan mendapatkan subsisi dari pemerintah. Ada beberapa subsidi yang ditawarkan oleh pemerintah dari mulai Kredit Pemilkan Rumah (KPR) skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) hingga Subsidi Selisih Bunga (SSB).

"Milenial berkembang ini kita arahkan untuk memiliki hunian tetap dengan Skema FLPP. Mungkin mereka mau mengambil apartemen atau rumah tapi sesuai kemampuan," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini