nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Menabung Emas? 3 Tempat Ini Bisa Jadi Pilihan

Sabtu 09 Maret 2019 19:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 09 320 2027830

JAKARTA - Emas merupakan komoditas yang memiliki nilai yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Maka tidak heran komoditas yang satu ini menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih oleh pekerja.

Apakah Anda ingin mulai untuk berinvestasi menggunakan emas, tapi dana belum mencukupi? Tenang, Anda bisa melakukannya dengan cara menabung emas sedikit demi sedikit.

Tabungan emas adalah salah satu program yang ditawarkan sejumlah lembaga untuk memudahkan calon investor dengan uang terbatas bisa memulai investasi. Pemilik dana tidak harus mengumpulkan uang sampai sekitar Rp600 ribuan untuk mendapat satu gram emas. Tetapi, Anda bisa mengawalinya dengan modal hanya Rp500 saja.

Baca Juga: Tips Anti Bangkrut Nonton Konser di Luar Negeri

Jika tertarik mencoba tabungan emas, Anda harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, harga emas yang ditawarkan pada program tabungan memang lebih murah karena belum mengikutkan biaya cetak. Kedua, ada biaya lain-lain yang menyertai program tabungan seperti ongkos titip, keanggotaan, dan biaya cetak.

Apabila sudah mantap ingin mengikuti program tabungan emas, berikut beberapa tempat investasi yang bisa dipilih. Seperti dilansir dari Qerja, Jakarta, Sabtu (9/3/2019).

1. Pegadaian

Menabung emas di Pegadaian bisa dimulai dari nominal Rp5.000. Setiap kali Anda setor tunai, maka akan langsung terkonversi dalam bentuk gram emas, dan tercatat pada buku rekening. Tabungan emas Pegadaian bisa dijual, dicetak, dan ditransfer jika sudah mencapai berat minimal satu gram emas.

Sebelum membuka rekening tabungan emas Pegadaian, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Misalnya, top up tabungan emas 0,01 gram hanya bisa dilakukan di outlet Pegadaian. Sementara top up di ATM dan agen, minimal Rp50 ribu. Adapun biaya cetak yang dibebankan kepada nasabah mulai dari Rp40 ribu, sampai Rp600 ribuan.

Jika tertarik membuka rekening tabungan emas di Pegadaian, calon nasabah harus menyiapkan fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku. Dengan bekal berkas tersebut, nasabah dapat langsung mendatangi Kantor Cabang Pegadaian, mengisi formulir, dan membuka rekening. Lalu, nasabah akan diminta membayar biaya administrasi Rp 10 ribu dan biaya fasilitas penitipan selama 12 bulan sebesar Rp30 ribu. Kemudian, nasabah dapat lansung menabung emas dengan kelipatan mulai dari 0,01 gram sampai 100 gram.

Baca Juga: Nikah Muda? Siapa Takut, Ini Keuntungannya!

2. Situs Jual Beli Online

Saat ini, Anda sudah bisa menabung emas di situs jual beli online seperti Tokopedia. Marketplace tersebut bekerjasama dengan Pegadaian –yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang keamanannya. Salah satu keunggulan program investasi emas di Tokopedia ini adalah nominal tabungan yang bisa dimulai dari Rp 500 saja. Emas yang diinvestasikan akan terkonversi dalam bentuk fisik dan dititipkan di Pegadaian.

Sebelum memutuskan menabung emas lewat Tokopedia, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang membership. Buat investor pemula yang ingin mencoba investasi emas, bisa menjadi member Gold Club, yang bisa mengikuti program tanpa syarat, tanpa dokumen. Tetapi, fasilitas yang didapat juga terbatas, di mana Anda hanya bisa memiliki tabungan emas hingga 1 gram, dan jual beli hanya sampai 10 gram per bulan. Jika Anda ingin mendapat fasilitas tambahan seperti bebas menabung emas, jual beli emas, dan langganan emas, bisa meningkatkan level membership dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Untuk memulai menabung emas di Tokopedia, Anda hanya perlu membuka halaman Tokopedia Emas di situs resmi, kemudian menentukan nominal rupiah atau gram emas yang ingin dibeli. Tokopedia akan menampilkan harga emas terkini, sehingga Anda bisa mengetahui konversi nilai rupiah dan gram emas yang didapat. Lalu, Anda bisa membayar dengan metode yang paling mudah. Setelah pembayaran terverifikasi, uang tersebut akan lansung masuk ke tabungan Tokopedia Emas Anda.

3. Bank Syariah

Program yang ditawarkan bank syariah sebenarnya dalam bentuk cicil emas. Bank menyediakan pembiayaan pembelian emas dengan pecahan tertentu, mulai dari 10 gram, 50 gram, 1000 gram, hingga lebih dari 300 gram. Calon nasabah akan diminta membayar uang muka sekitar 20 persen dari harga emas yang dibeli. Kemudian, sisa pembayaran dilunasi dengan cara mencicil.

Beberapa hal yang perlu diperhitungkan sebelum mencicil emas di bank syariah antara lain besaran biaya administrasi yang besar, minimal Rp 50 ribu. Tetapi, emas yang dicil sudah diasuransikan, dan program ini dikelola oleh profesional. Emas yang dicicil bisa diuangkan dengan cara digadaikan untuk kebutuhan mendesak.

Syarat dan ketentuan cicil emas di bank syariah antara lain Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun, menyertakan fotokopi KTP dan NPWP, serta bukti mampu bayar seperti slip gaji atau rekening koran selama tiga bulan. Bank juga menetapkan syarat usia maksimal, di mana bagi nasabah wiraswasta berusia maksimal 60 tahun, dan pensiunan berumur 70 tahun saat jatuh tempo.

Program tabungan dan cicil emas merupakan satu bukti bahwa investasi tidak harus menunggu modal besar. Anda bisa memulai investasi dari sekarang. Pilihlah lembaga yang kredibel agar uang Anda tetap aman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini