nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Anti Bangkrut Nonton Konser di Luar Negeri

Minggu 03 Maret 2019 17:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 03 320 2025185 tips-anti-bangkrut-nonton-konser-di-luar-negeri-PfO8GSzF8H.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Bagi setiap die hard fans, menonton konser musisi atau band favorit bukanlah sekadar tren. Namun lebih kepada goals pribadi untuk menyaksikan aksi panggung mereka secara langsung.

Ada rasa puas bercampur haru yang terasa ketika akhirnya bisa ‘menghirup udara yang sama’ dengan sang idola. Bahkan jika harus sampai ke luar negeri sekalipun, sebisa mungkin pasti disanggupi.

Euforia menonton konser di luar negeri semakin marak. Berbondong-bondong orang naik pesawat ke negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, atau Thailand demi hal tersebut. Pada kenyataannya, memang tidak semua jadwal tur penyanyi atau band internasional menjadikan Indonesia sebagai destinasi manggung mereka. Seperti konser Maroon Five yang akan diselenggarakan 7 Maret 2019 mendatang di National Stadium, Singapura.

 Baca Juga: Ingin Nonton Konser Band Dunia? Perhatikan Hal Ini agar Kantong Tak Jebol

Tidak heran juga, jika banyak agen perjalanan wisata yang menjual tiket konser musisi dunia lengkap dengan paket kamar hotel di dekat venue konser plus tiket pesawat menuju negara tersebut.

Seperti dikutip CekAja, Jakarta, Minggu (3/3/2019) untuk kamu yang baru pertama kali menjadi concert go-ers sampai ke luar negeri, tak perlu khawatir bangkrut sepulang dari sana. Asalkan tahu tips dan triknya, pasti keuangan kamu aman-aman saja!

1. Menabung jauh-jauh hari

Ketika akan menggelar konser, pihak manajemen artis atau penyelenggara biasanya mengumumkan kabar baik tersebut paling cepat 1 tahun sebelum hari H. Dengan rentang waktu yang cukup lama itu, kamu bisa memanfaatkannya dengan menabung sebanyak mungkin terlebih dahulu.

Persiapkan apa saja yang kira-kira dibutuhkan nantinya selain tiket konser. Mulai dari biaya naik pesawat, hotel minimal 2 malam, transportasi di negara tujuan, makan 3x sehari, sampai kebutuhan lain seperti membeli merchandise.

 Baca Juga: Begini Komentar Pembeli Tiket Rp25 Juta di Konser Syahrini

2. Ajak beberapa teman

The more, the merrier! Ajak beberapa temanmu untuk ikut berangkat, setidaknya 2-5 orang. Keuntungan jika nonton konser di luar negeri ramai-ramai, bukan hanya seru. Enaknya lagi, kalian bisa cost sharing (patungan). Tentukan item apa yang sekiranya ingin dibayar bersama. hotel dan makan umumnya bisa patungan. Dijamin budget yang dikeluarkan nanti terasa lebih ringan. Lumayan sekali, bukan?

3. Beli tiket di laman resmi penyelenggara

 

Jika pembelian tiket konser sudah dibuka, manfaatkan momen pre-sale. Harganya pasti lebih murah. Namun karena online dan terbatas, kamu harus cekatan membeli pada waktu yang biasanya sangat singkat. Apalagi sainganmu untuk mendapatkan tiket jumlahnya ada ribuan orang. Lalu yang perlu diingat kembali, jangan pernah membelinya lewat perantara lain terutama calo. Selain mahal tak terkira, cara ini rentan terhadap penipuan. Belilah hanya di laman resmi penyelenggara.

 

4. Menginap dekat venue

Soal penginapan, cari hotel yang lokasinya tidak jauh dari venue. Akses ke tempat konser akan lebih mudah dijangkau, tanpa harus repot-repot lagi memikirkan rute perjalananmu. Lupakan hotel berbintang untuk sementara waktu. Toh, tujuanmu ke sana hanya untuk nonton konser dan berjalan-jalan. Walaupun kategorinya budget, bukan berarti penginapan terebut kurang layak, lho. Kamu bisa menyesuaikan tarif dengan kualitas hotel itu sendiri. Paling tidak harus bersih, dekat keramaian, dan banyak restoran di sekitarnya.

 

5. Hindari naik taksi

Di luar negeri, taksi konvensional atau online selalu mengenakan tarif berlipat ganda. Untuk sekali jalan yang tampaknya dekat saja, kamu bisa menghabiskan lebih dari Rp50 ribu. Oleh karena itu, sebisa mungkin naiklah transportasi umum sejenis kereta atau bus.

Lagipula MRT di Singapura misalnya, tiap area sudah terintegrasi dengan baik. Ada pilihan tiket 3 days pass juga yang bisa lebih hemat digunakan selama di sana. Jadi, kamu tidak perlu takut nyasar apalagi bokek karena harus bayar mahal.

 

6. Bawa tas secukupnya

Kamu pasti tahu, kan bagasi pesawat kini rata-rata sudah berbayar. Tarifnya pun cukup mahal, ada bagasi 5 kg dengan harga Rp 100.000, bagasi 10 kg seharga Rp 200.000, atau bagasi 15 kg seharga Rp 300.000.

Beli Tiket Pesawat Pakai Miles Kartu Kredit

Semua maskapai penerbangan biasanya selalu memanfaatkan suatu momen. Tak terkecuali saat menjelang konser yang ramai penonton. Bahkan pesawat-pesawat low cost pun tarifnya mendadak selangit.

Meskipun harga tiket pesawat kerap menjadi momok, tentu saja masih ada cara untuk bisa ‘terbang’ tanpa pusing memikirkan hal tersebut. Salah satunya dengan memanfatkan program air miles dari kartu kredit. Air miles yang telah dikumpulkan dari berbelanja, nantinya dapat ditukar dengan diskon tiket, serta penawaran khusus lain seperti akomodasi, upgrade tempat duduk, paket wisata, jasa penyewaan mobil, dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini