nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lapor SPT Lewat E-Filing Capai 92%

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 19:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 14 20 2030074 lapor-spt-lewat-e-filing-capai-92-PZ2IPSRsZI.jpg Ilustrasi: Pelaporan SPT secara Online

JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mencatat pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) melalui e-filing online sudah mencapai 92%.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Hestu Yoga Saksama mengatakan, bahwa total yang wajib lapor SPT itu 18,3 juta. Di mana untuk Wajib Pajak (WP) badan 2,5 juta, sisanya itu WP orang pribadi.

"Sampai hari ini pelaporan SPT sudah bagus. Hampir 6 juta yakni, 5,97 juta SPT yang sudah masuk. Sekali lagi e-filing nya sudah tinggi, 92%," ujarnya di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Baca Juga: Cerita Tukang Batu Taat Bayar Pajak Sentuh Hati Sri Mulyani

Dia menjelaskan dengan 92% SPT melalui e-filing. Oleh karena itu terbukti bahwa e-filing sangat membantu masyatakat untuk menyampaikan SPT nya.

"Laporan SPT bisa e-filing dari mana saja, kapan saja tidak tergantung waktu, jadi kami hanya melayani di hari Sabtu 30 Maret saja. Selebihnya WP bisa melaporkan e-filing. Dan batas akhir SPT untuk perorangan 31 Maret nanti dan untuk badan pada akhir April 2019," ungkapnya.

Baca Juga: Wamenkeu Ungkap 4 Strategi Tingkatkan Kesadaran Bayar Pajak

Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan sosialisasi penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui e-filing atau pelaporan online. Sosialisasi ini dilakukan semenarik mungkin dengan olahraga zumba.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, penyampaian e-filing ini sudah dijalankan sejak 2012 oleh Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu. Hingga saat ini sudah 3,2 juta Wajib Pajak (WP) yang menyampaikan SPT-nya di mana 90% melalui e-filing.

(fbn)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini