nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hal Penting Sebelum Beli Motor, Nomor 4 Jangan Diabaikan

Sabtu 16 Maret 2019 07:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 320 2030282 hal-penting-sebelum-beli-motor-nomor-4-jangan-diabaikan-EMrIVEdia6.jpg Ilustrasi: Foto Okezone

JAKARTA - Sepeda motor telah menjadi alat transportasi hampir bagi setiap orang. Selain fleksibel, menggunakan sepeda motor juga dinilai lebih hemat dibandingkan naik kendaraan umum.

Saat ini, pengguna sepeda motor di Indonesia terus bertambah. Jika dahulu sepeda motor sangat jarang dimiliki, sekarang seseorang bisa memiliki lebih dari satu unit di rumah. Pantas saja setiap tahunnya penjualan sepeda motor di Indonesia mencatatkan angka yang menggembirakan.

Sepanjang 2018 misalnya, penjualan sepeda motor menurut data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencapai 6,38 juta unit atau naik 8,4%dari realisasi penjualan sepanjang 2017. Pabrikan yang merasakan manisnya penjualan sepeda motor tak lain Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Baca Juga: 3 Tips Pinjam Duit yang Aman

Lalu bagaimana kiat membeli sepeda motor yang enggak bikin konsumen merugi? Yuk simak aja kiat-kiatnya berikut ini seperti dikutip CekAja, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

1. Pilih jenis sepeda motor impian

Ada banyak jenis sepeda motor yang beredar di Indonesia. Sebelum memutuskan untuk membeli, kamu pastikan terlebih dahulu motor jenis dan merek apa yang selama ini kamu impikan. Kalau sudah sreg dengan satu merek, kamu selanjutnya bisa sesuaikan bujet baik untuk pembayaran secara tunai maupun kredit.

Harga memang gak pernah bohong. Semakin tinggi harga, semakin terjamin juga barangnya. Paling tidak motor dengan harga tinggi sudah tentu spesifikasi, fungsi dan kegunaannya lebih banyak dibandingkan dengan motor berharga murah.

Selain itu, jangan lupa pastikan juga spare part motor yang kamu beli apakah mudah ditemukan atau malah susah didapat. Ini penting agar suatu saat motor kamu bermasalah gak bikin repot.

2. Beli secara online

Saat ini membeli sepeda motor semakin mudah. Biasanya kamu pergi ke dealer atau showroom untuk memilih sepeda motor impian kamu. Sekarang, hanya dengan membuka gadget, kamu bisa memilih sepeda motor favorit.

Kelebihan membeli sepeda motor ke dealer atau showroom yakni kamu bisa melihat fisik motor incaran secara langsung. Tentunya kamu harus meluangkan waktu untuk pergi ke dealer tersebut.

 Baca Juga: Mau Menabung Emas? 3 Tempat Ini Bisa Jadi Pilihan

Namun, kalau enggak mau ribet, kamu bisa membeli sepeda motor secara online. Saat ini ada banyak situs jual beli khusus sepeda motor yang bisa ditransaksikan secara online. Selain itu, kamu juga bisa membeli sepeda motor di marketplace.

Hanya saja, membeli sepeda motor secara online di situs khusus jual beli sepeda motor harus benar-benar hati-hati. Kamu tentu gak bisa melihat secara fisik motor yang akan kamu beli. Begitu juga ketika membeli di online marketplace, kamu harus yakin apakah dealer yang menjualnya benar-benar memiliki dealer fisik atau tidak.

Saat ini memang banyak dealer yang memanfaatkan banyak platform untuk memasarkan produk bisnisnya termasuk di industri sepeda motor. Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno mengatakan kalau untuk menunjang market share, maka penjualan sepeda motor di marketplace seperti Tokopedia, JD.id, dan lainnya merupakan hal yang wajar.

“Ya itu kan hanya platform saja sebagai alat bantu agar sepeda motor yang dijual bisa eye catching dan lebih dipasarkan secara luas. Tapi saya gak tau apakah pembeli membayar tunai apa kredit. Terus kalau kredit apakah skema pembayarannya pakai leasing atau kartu kredit,” ujarnya.

Suwandi menambahkan saat ini ada beberapa lembaga pembiayaan anggotanya yang sedang menjajaki kerja sama dengan online marketplace. Namun apakah itu akan mendongkrak kinerja bisnis atau tidak, ia akan melihat perkembangannya terlebih dahulu.

“Kalau selama manajemen risikonya bisa atur ya gak masalah,” katanya.

3. Memilih dealer

Jangan sembarangan saat kamu memutuskan untuk membeli sepeda motor. Paling tidak kamu harus memilih dealer resmi yang memiliki kredibilitas baik. Misalnya, dealernya bisa bekerja sama dengan konsumen selama proses transaksi pembelian berlangsung.

Pastikan juga dealer yang kamu pilih memiliki beragam fasilitas layanan misalnya punya bengkel sendiri, memberikan promo, diskon atau bahkan bisa ngasih kamu cashback khusus kepada konsumen. Dan yang terpenting sih dealer bisa lebih responsif selama kamu bertransaksi membeli sepeda motor di dealer tersebut.

4. Asuransi

Satu lagi hal yang harus kamu perhatikan saat membeli sepeda motor yaitu adalah asuransi. Yup, bagi sebagian orang mungkin mengasuransikan kendaraan adalah hal yang bikin boros. Namun yang namanya insiden kan kita enggak tahu kapan terjadi. Maka, untuk jaga-jaga, sebaiknya kamu asuransikan sepeda motor kamu.

Kamu bisa memilih apakah mengasuransikan sepeda motor sesuai dealer atau secara mandiri. Kamu hitung-hitung lagi deh asuransi mana yang lebih bermanfaat buat kendaraan kamu. Yang jelas, asuransi kendaraan ini cukup bermanfaat untuk meng-cover jika suatu saat kendaraan kamu mengalami hal yang enggak diinginkan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini