nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Tips Pinjam Duit yang Aman

Retno Tri Wardani, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 19:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 03 14 320 2030092 3-tips-pinjam-duit-yang-aman-xbzic0DQcs.jpg Ilustrasi (Foto: Halomoney)

JAKARTA - Saat kebutuhan mendesak memanggil, terkadang kita berfikiran untuk mengajukan pinjaman agar kebutuhan kita terpenuhi. Padahal tidak semua tempat peminjaman uang tersebut aman.

Banyak orang yang tergiur dengan angsurannya yang murah sehingga dengan mudah kita setuju untuk melakukan pinjaman di tempat tersebut. Padahal angsuran yang mudah tersebut berjangka panjang. Bisa jadi suatu saat kita tidak mampu membayarnya dan yang ada menjadikan boomerang buat kita sendiri.

Baca Juga: Tips Anti Bangkrut Nonton Konser di Luar Negeri

Tapi tidak perlu khawatir, Berikut tiga tips pengajuan pinjaman yang aman, seperti dilansir dari instagram sahabatpegadaian, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

1. Perhatikan sewa modalnya

Jangan tergiur dengan kemudahan yang diberikan lembaga bodong. Perhatikan pula besaran sewa modal yang dikenakan kepadamu. Jangan sampai kamu tergoda, tetapi pada akhirnya kamu malah terlilit tunggakan.

Baca Juga: Mau Menabung Emas? 3 Tempat Ini Bisa Jadi Pilihan

2. Pilih lembaga yang terpercaya

Lembaga pemberi pinjaman haruslah memiliki izin usaha dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk urusan lembaga yang terpercaya, kamu bisa mengandalkan pegadaian lho, sahabat. Pegadaian merupakan BUMN yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun.

3. Total pinjaman yang terjangkau

Tidak hanya dari faktor luar, pinjaman yang aman juga berpengaruh dari diri kita sendiri, sahabat. Pastikan pinjaman yang kamu ajukan terjangkau. Artinya, kamu mampu membayar angsurannya tanpa membebankan kebutuhanmu sehari-hari.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini