Pefindo Revisi Outlook Peringkat AKR dari Positif Jadi Stabil

Senin 18 Maret 2019 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 03 18 278 2031477 pefindo-revisi-outlook-peringkat-akr-dari-positif-jadi-stabil-oHx9O6MaKa.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA – Dibalik geliat bisnis PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), khususnya pada distrubisi Pelumas memberikan dampak pada arus kas perseroan yang dinilai mempunyai risiko besar. Berangkat dari hal tersebut, PT Pemeringkat Efek Indonesia menetapkan kembali peringkat idAA- untuk PT AKR Corporindo Tbk dan obligasi yang diterbitkan.

Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin menegaskan telah menetapkan kembali peringkat idAA- untuk AKR Corporindo dan obligasi yang diterbitkan yakni Obligasi Berkelanjutan I Tahun 2017, dan Obligasi I Tahun 2012.

Selain itu, Pefindo merevisi outlook peringkat perseroan dari positif menjadi stabil. Hal itu untuk merefleksikan marjin profitabilitas yang lebih rendah dari yang diproyeksikan.

Baca Juga: Ramaikan Bisnis Migas, AKR-British Petroleum Bangun 30 SPBU

Marjin profitabilitas yang lebih rendah disebabkan oleh penjualan lahan kawasan industri lebih lambat dari ekspektasi. Penyebabnya, permintaan kawasan industri yang stagnan dan marjin lebih rendah pada bisnis perdagangan dan distribusi.

Menurut Pefindo, peringkat akan dinaikkan jika AKRA memperbaiki struktur permodalan yang ditunjukkan dengan rasio utang terhadap EBITDA kurang dari 2,0 kali secara berkelanjutan, dan mempertahankan manajemen biaya yang efisien dalam bisnis distribusi bahan bakarnya, serta mencapai target penjualan lahan kawasan industri.

Sebaliknya, peringkat dapat diturunkan jika emiten berkode saham AKRA agresif membiayai ekspansi usahanya dengan utang dalam jumlah yang lebih besar dari proyeksi. Kondisi itu dapat melemahkan ukuran-ukuran struktur permodalan dan proteksi arus kasnya tanpa dikompensasi oleh kinerja bisnis yang lebih kuat. Di mana peringkat dapat diturunkan jika margin profitabilitas terus menurun sehingga menyebabkan aruskas yang dihasilkan lebih rendah.

Baca Juga: AKR Corporindo Suntik Modal Jakarta Tank Terminal Jadi Rp852,27 Miliar

Sebagai informasi, perseroan belum lama ini mendirikan anak usaha baru yaitu PT Anugerah Lubrindo Raya. Anak usaha baru tersebut bergerak di bidang perdagangan dan distribusi minyak pelumas. Sekretaris Perusahaan AKRA, Ricardo Silaen pernah bilang, pendirian anak usaha Anugerah Lubrindo Raya per 7 Februari 2019 melalui entitas anak perseroan yaitu PT Anugerah Krida Retailindo.

”Pada 7 Februari 2019 Anugerah Krida Retailindo dan Tuan Roy Raymond Tanudjaja telah menandatangani akta pendirian perseroan terbatas yaitu PT Anuegrah Lubrindo Raya yang berkedudukan di Jakarta Barat,” ujarnya, dikutip dari Harian Neraca, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, Anugerah Krida Retailindo merupakan entitas anak AKRA yang 99,98% sahamnya digenggam oleh perseroan

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini