nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapapun Presidennya, SKK Migas Pastikan Program Jaringan Gas Kota Berlanjut

Amir Sarifudin , Jurnalis · Rabu 27 Maret 2019 15:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 27 320 2035669 siapapun-presidennya-skk-migas-pastikan-program-jaringan-gas-kota-berlanjut-qvsVRe9J4l.jpg foto: Okezone

BALIKPAPAN- Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto memastikan program pembangunan jaringan gas kota akan terus dilaksanakan siapapun presiden yang terpilih pada 17 April 2019.

"Ya siapapun tetap dilanjutkan program jaringan gas ini, " tandas Dwi Soetjipto saat peresmian jaringan gas kota di kelurahan Gunung Sari Ulu, Balikpapan sebanyak 5000 SR, Rabu siang (27/3/2019).

Lanjut Dwi, program pemanfaatan gas alam untuk jaringan gas kota merupakan program berkelanjutan yang telah terpasang secara nasional 480 ribu SR sejak 2015 lalu.

" Pemanfaatan gas bumi melalui pembangunan jargas untuk rumah tangga merupakan program berkelanjutan Kementerian ESDM sebagai bentuk konsistensi pemerintah dalam menyediakan energi berkeadilan, pemanfataan gas akan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari masyarakat dan diutamakan untuk kebutuhan domestik," terangnya.

Baca Juga: KESDM Bangun 486.229 Sambungan Jargas Sepanjang 2018

Dwi Soetjipto menjelaskan, selain untuk mengurangi subsidi LPG dan mengoptimalkan pemanfaatan gas alam nasional, pemerintah berharap program jaringan gas kota punya dampak signifikan untuk meringankan beban masyarakat.

“Pada umumnya pemanfaatan jargas ini akan memberikan penghematan dibandingkan jika sebelumnya memanfaatkan LPG," kata Dwi Soetjipto.

"Penghematan kalau pakai nonton subsidi hemat Rp90 ribu dan kalau pakai LPG 3 kg subsidi hemat Rp20 ribu, " bebernya.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso mengatakan untuk jaringan gas kota di Kalimantan Timur yang sudah terpasang sebanyak 32 ribu SR yang tersebar di Balikpapan, Samarinda, Bontang, PPU. dan menyusul Kukar tahun ini 5000 SR.

"Secara nasionalis sudah 485 ribu sambungan tapi secara renstra itu masih kecil, " kata Alimuddin.

Baca Juga: Perkuat Layanan Gas, Investasi Jargas di Medan Rp52 Miliar

Pada peresmian ini, Kepala SKK Migas juga mengunjungi rumah salah satu warga pengguna jargas di rumah ibu Ganesha (29 tahun) di Jln. S Parman RT 28 No 20.

Pengguna jargas warga Kelurahan Gunung Sari Ulu, Ganesa mengaku bersyukur dengan adanya program gas kota iin. Selain pemasangan gratis, warga juga tidak perlu takut karena lebih aman.

"Alhamdulillah mudah, aman dan murah. Gak perlu cari lagi ke warung,” katanya.

Pada hari ini selain Balikpapan, jaringan gas kota juga diresmikan secara perdana di PPU sebesar 4260 SR untuk warga Kelurahan Gunung Seteleng, Nenang, Nipah-nipah, Penajam dan Sungai Paret. Peresmiannya dilakukan Komite Badan Pengatur Hilir Migas Jugi Prajogio

" Jaringan gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil sesuai Perpres No. 6 Tahun 2019, dinyatakan bahwa Menteri melakukan perencanaan penyediaan,” ujar Jugi.

Dia menambahkan pendistribusian gas bumi melalui jargas yang didasarkan pada volume kebutuhan penyaluran gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil, ketersediaan sumber gas bumi, dan ketersediaan infrastruktur penunjang.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini