nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lesehan dengan Pengungsi Banjir Sentani, Presiden Jokowi: Mereka Minta Rumah

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 01 April 2019 14:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 01 470 2037762 lesehan-dengan-pengungsi-banjir-sentani-presiden-jokowi-mereka-minta-rumah-yeeRPAJWbn.jpg Foto: Jokowi Lesehan Dialog dengan Pengungsi Banjir Sentani (Feby/Okezone)

JAYAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta proses relokasi dan pembangunan rumah warga yang terkena dampak banjir bandang Sentani, Jayapura segera dilakukan.

Kepala Negara hari ini meninjau lokasi pengungsian di GOR Toware, Jayapura, Papua. Saat berdialog dengan masyarakat, dikatakan bahwa banyak yang meminta kepastian mengenai rumah.

"Pengungsi ingin segera mendapatkan kepastian rumahnya di mana karena rumahnya sudah habis. Kita mau bangun," ujar Jokowi sambil duduk lesehan dengan warga pengungsi banjir di Jayapura, Papua, Senin (1/4/2019).

 Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Rumah Warga di Sentani Direlokasi

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, pembangunan rumah harus di tempat yang baru. Pasalnya, rumah yang terkena banjir utamanya di bawah Gunung Cycloop sudah tidak memungkinkan lagi dibangun.

"Tempat yang lama tidak memungkinkan karena akan terjadi bencana lagi terulang lagi nanti sehingga harus direlokasi di tempat yang dipastikan aman dari bencana," ujarnya.

Presiden tidak mengatakan berapa lama target rumah tersebut dibangun. Dia menyerahkan sepenuhnya pada Pemerintah Daerah Papua.

"Kalau tanahnya sudah ketemu dibebaskan. Gubernur oleh bupati baru masuk ke pembangunan rumahnya. Pembangunan rumah kita lakukan cepat," ujarnya.

 Baca Juga: Menteri Basuki Cek Posko Penyaluran Air Bersih di Danau Sentani

Sebagai informasi, korban jiwa banjir bandang tercatat 112 orang meninggal dunia, di mana 105 orang di Kabupaten Jayapura dan 7 orang di Kota Jayapura.

Dari 112 orang meninggal dunia, 77 jenazah telah berhasil diidentifikasi oleh tim Inafis Polri sedangkan 35 jenasah belum berhasil diidentifikasi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini