Tarif LRT Kelapa Gading-Velodrome Rp5.000

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 03 April 2019 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 03 320 2038650 tarif-lrt-kelapa-gading-velodrome-rp5-000-38XxV5jJs1.jpg Foto: Proyek LRT Jakarta

JAKARTA - PT LRT Jakarta menyatakan tarif kereta ringan atau light rail transit (LRT) resmi ditetapkan sebesar Rp5.000. Tarif ini belaku flat atau rata sepanjang rute Kelapa Gading-Velodrome.

Corporate Communication PT LRT Jakarta Melisa Suciati mengatakan, pengenaan tarif Rp5.000 itu disusul telah diterbitkan payung hukum yang mengaturnya. Aturan itu tertulis dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit.

"Tarif LRT Jakarta Koridor Kelapa Gading-Velodrome telah ditetapkan flat tarif sebesar Rp 5.000," jelasnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (3/4/2019).

Baca Juga: Proyek LRT Jabodebek Terkendala Pembebasan Lahan di Bekasi

Meski demikian, Melisa belum bisa memastikan kapan LRT Jakarta bisa beroperasi secara komersial. Dia memastikan, seluruh persyaratan yang diperlukan untuk kesiapan operasi telah dilaporkan kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Yang kemudian itu akan menjadi pertimbangan Pemprov DKI Jakarta untuk menetapkan tanggal dimulainya operasi komersial LRT Jakarta," katanya. 

Baca Juga: Mengintip Longspan LRT Jabodebek Terpanjang di Dunia

Sekedar diketahui, LRT Jakarta memiliki 8 trainset dimana masing-masing berkapasitas berkisar 135 orang. Dengan demikian, kapasitas keseluruhan penumpang bisa mencapai sekitar 1.080 orang.

Adapun kereta ringan sepanjang 5,8 kilometer ini memiliki 6 stasiun layang (elevated). Terdiri dari Stasiun Pegangsaan Dua (kawasan Depo), Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome. Nantinya, pengoperasian LRT juga akan terintegrasi dengan moda transportasi Transjakarta.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini