nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Janji Bangun Kereta di Kalimantan, Menhub: Bisa Pakai APBN

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 05 April 2019 16:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 05 320 2039565 jokowi-janji-bangun-kereta-di-kalimantan-menhub-bisa-pakai-apbn-UxsmGgpQrW.jpg Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Okezone)

JAKARTA - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berjanji akan membangun Kereta Api Trans - Kalimantan. Hal tersebut disampaikan dalam acara kampanye akbar di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini memang pihaknya tengah memikirkan untuk pembangunan kereta api di Kalimantan. Namun mengenai skema pembiayaannya ada beberapa alternatif yang disiapkan.

Skema pertama adalah dengan pembiayaan lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Lalu yang kedua adalah skema pembiayaan secara mandiri artinya swasta membangun sendiri dengan biaya sendiri tentunya dengan izin pemerintah.

 Baca Juga: Proyek Kereta Makassar-Parepare Dapat Kucuran Rp2,1 Triliun

Kemudian yang ketiga adalah dengan skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Proyek KPBU di bidang perekretapian sendiri sudah dimulai pada proyek Makassar-Parepare.

"Untuk pembangunan satu tempat itu (Kalimantan) memang ada tiga pilihan kita membangun dengan APBN, kedua kalau memang swasta akan melayani diri sendiri, ketiga beberapa membangun sendiri tapi untuk menjamin ada investor lain kita buat KPBU," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Selama ini lanjut Budi, proyek-proyek di Sumatera dan Kalimantan masih sebatas pemberian izin untuk membangun secara mandiri. Namun tidak menutup kemungkinan akan menggunakan skema KPBU tergantung dari hasil kajiannya.

"Apa yang kita lakukan sekarang baik di Kalimantan atau Sumatera Selatan itu hanya memberikan izin secara mandiri belum proyek KPBU. Kita akan buat di Sumatera ada beberapa potong yang KPBU," katanya.

 Baca Juga: Jokowi Janji Bangun Kereta Api Trans-Kalimantan

Mengenai konsep pembangunannya, nantinya kereta api di Kalimantan akan dikhususkan untuk kereta barang. Karena untuk kereta penumpang tidak bisa menggunakan skema KPBU.

"Tapi memang yang KPBU itu kereta barang logisitik bukan penumpang, karena kereta penumpang masih menganut subsidi," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini