nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia, Malaysia hingga Thailand Mulai Tinggalkan Dolar AS

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 09 20 2041230 bi-dorong-penggunaan-mata-uang-lokal-di-asean-P7MrsSeqTM.jpg Bank Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memastikan bahwa Indonesia sudah melakukan kesepakatan local currency settlement framework (LCS) pada transaksi perdagangan dengan Thailand dan Malaysia.

Direktur Departemen Internasional BI Wahyu Pratomo mengatakan, kesepakatan local currency bersama dua negara untuk memperluas penggunaan mata uang lokal dalam transaksi perdagangan.

"Kita inisiatif dorong local currency. Jadi tidak hanya di Asean, tapi banyak negara yang nantinya salah satu alternatif penyelesaian pembayaran," ujarnya di Jakarta, Senin (9/4/2019).

Baca Juga: BI Tutup Kegiatan Operasional pada Pemilu 17 April

Dia menuturkan, selama ini transaksi perdagangan selalu memakai USD atau dolar. Maka itu, bagaimana alternatif menggunakan lokal currency. Dan juga penggunaan local currency ini masuk tidak dipengaruhi perkembangan dolar yang bisa menekan mata uang lokal.

"Kalau terjadi gonjang-ganjing aliran modal keluar tidak terlalu mengganggu transaksi perdagangan di kawasan (ASEAN) dan menjaga stabilitas keuangan," kata dia.

Baca Juga: QR Code RI Bisa Digunakan di Malaysia hingga Thailand

Sebelumnya, Gubernur Bank Sentral menegaskan komitmen untuk mencapai integrasi keuangan ASEAN guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan memperkuat stabilitas keuangan di Kawasan.

Salah satunya penggunaan local currency dalam transaksi perdagangan dengan Thailand dan Malaysia serta Filipina.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini