nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendaftar Sekolah Kedinasan Capai 53.495 Peserta, STAN Paling Diminati

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 11 320 2042125 pendaftar-sekolah-kedinasan-capai-53-495-peserta-stan-paling-diminati-97JuluwTYb.jpg Foto: Ist

JAKARTA - Pemerintah membuka kesempatan bagi calon siswa-siswi/taruna-taruni untuk mendaftar pada kementerian/lembaga (K/L) yang memiliki Lembaga Pendidikan Kedinasan untuk tahun anggaran 2019 secara online melalui portal: https://dikdin.bkn.go.id/.

“Jumlah akun yang telah terdaftar melalui sebanyak 53.495. Peserta yang telah memilih instansi sebanyak 17.096 dan yang telah submit dokumen sejumlah 5.744,” bunyi tweet akun @BKNgoid seperti dilansir setkab, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

 Baca Juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka, STAN Paling Diminati

Dalam tweet @BKNgoid tersebut disampaikan bahwa urutan lima teratas instansi yang dipilih peserta adalah, sebagai berikut:

1. STAN 6.154 ;

2. IPDN 3.496;

3. STIS 1.401;

4. STTD Bekasi 1.082; dan

5. Poltekim 730.

Sebelum melakukan proses pendaftaran, Para pendaftar akan diminta mengisi data terkait NIK dan Nomor Kartu Keluarga/NIK Kartu Keluarga sesuai dengan data KTP/Kartu Keluarga.

“Jika terdapat permasalahan terkait data (seperti NIK tidak ditemukan/NIK dan KK tidak cocok) harap menghubungi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) di Kabupaten/Kota domisili Anda dan pastikan data sudah tersinkronisasi dengan server DUKCAPIL pusat,” bunyi pengumuman di portal https://dikdin.bkn.go.id/.

 Baca Juga: Mau Jadi PNS? Pendaftaran 8 Sekolah Kedinasan Pemerintah Segera Dibuka

Sebagaimana diketahui, dalam pengumuman yang ditandatangani Sekretaris Kementerian PANRB, Dwi Wahyu Atmaji, tertanggal 28 Maret 2019 disebutkan, lembaga pendidikan kedinasan K/L yang membuka penerimaan siswa baru dan jumlah yang diterima adalah:

- Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Kemenkeu, 3.000;

- Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kemendagri, 1.700;

- Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), BSSN, 100;

- Politeknik Ilmu Kemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM), Kemenkumham, 600;

- Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), BIN, 250;

- Politeknik Statistika STIS, BPS, 600;

- Sekolah Tinggi Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG), BMKG, 250; dan

- Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi, Kemenhub, 2.676.

Hanya Boleh Daftar 1 Program

“Calon peserta hanya boleh mendaftar di salah satu program studi dari 8 (delapan) Instansi/Lembaga Pendidikan Kedinasan. Apabila mendaftar di dua program studi atau lebih, maka yang bersangkutan secara otomatis dinyatakan gugur,” tegas pengumuman tersebut.

Seleksi dilaksanakan secara bertahap di masing-masing K/L. Salah satu tahapan seleksi adalah Seleksi Kemampun Dasar (SKD) yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Sedangkan tahapan seleksi selanjutnya diatur oleh masing-masing Kementerian/Lembaga.

Ditegaskan dalam pengumuman itu, agar masyarakat berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan yang dikaitkan dengan proses penerimaan siswa-siswi dan taruna-taruni.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini