Share

Jasa Tirta Targetkan Laba Rp200 Miliar

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 13 320 2043079 jasa-tirta-targetkan-laba-rp200-miliar-Z1HJVEmsmz.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Perum Jasa Tirta II (PJT II) menargetkan laba bersih sebesar Rp200 miliar pada tahun 2019. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan realisasi laba bersih pada tahun lalu yang hanya sekitar Rp160 miliar.

Direktur utama PJT II, U Saefuddin Noer mengatakan pada tahun lalu pendapatan perusahaan sebesar Rp700 miliar. Sementara laba bersih mencapai Rp160 miliar.

Hingga saat ini penghasilan dari penjualan listrik masih menjadi kontributor utama pendapatan perseroan. Adapun sumber pendapatan lain berasal dari penjualan air baku, penyewaan lahan, dan pariwisata.

Sebagai gambaran, PJT II merupakan pengelola Bendungan Juanda atau Jatiluhur di Purwakarta. Air dari bendungan ini menjadi penggerak enam turbin dengan total kapasitas terpasang 187,5 megawatt.

"Laba bersih Rp160 miliar, kalau tahun ini kami targetnya Rp200 miliar," ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (13/4/2019)

Selain itu, kontribusi lainnya adalah berasal dari charger air baku. Kemudian ada penyewaan lahan dan yang terakhir adalah pariwisata.

"Pariwisata itu masih terakhir sedikit sekali kontribusinya. Pendapatan kami 60% masih dari listrik," ucapnya.

Meskipun begitu lanjut Saefuddin, ke depannya pihaknya akan mendorong pada lini penyewaan lahan. Sebab menurutnya, secara umum belum ada penyesuaian tarif dalam sepuluh tahun terakhir.

Selain itu, pihaknya akan mengoptimalkan bentang alam di Jatiluhur untuk pengembangan pariwisata. Pihaknya berencana menjadikan Jatiluhur sebagai Ekowisata dengan membangun dan mengembangkan taman bermain, hotel, dan ruang pertemuan.

"Kawasan ini kan indah. Kami akan kerja sama dengan pihak lain, dari grup-grup besar," ucapnya.

Ke depannya, pihaknya juga akan mengembangkan pembangkit listrik lagi. Kali ini pihaknya akan fokus pembangkit listrik berupa Energi Baru Terbarukan (EBT).

"Ke depan kami ingin kembangkan energi terbarukan dari mikrohidro dan solar cell," ucapnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini