nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bingung Tentukan Investasi, Yuk Belajar di Sekolah Pasar Modal

Senin 15 April 2019 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 14 320 2043385 bingung-tentukan-investasi-yuk-belajar-di-sekolah-pasar-modal-51ep8pwlaY.jpg Foto Investasi (Ilustrasi: Okezone)

JAKARTA - Kita semua tahu bahwa investasi penting untuk melindungi aset dari inflasi. Dengan investasi, kita bisa mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Namun, banyak orang yang belum memulai atau bingung menentukan investasi karena kurang pengetahuan. Maka mereka berusaha mencari informasi dari berbagai sumber, mulai dari teman, keluarga hingga berselancar sendiri di dunia maya.

Daripada belajar investasi dari sumber yang belum tentu benar, lebih baik ikut Sekolah Pasar Modal saja. Sekolah Pasar Modal adalah program edukasi dan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Anda akan mendapat pelajaran dari pelaku pasar modal yang ahli di bidangnya.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang Sekolah Pasar Modal, dilansir melalui Qerja.com, Senin, (15/4/2019).

Apa Itu Sekolah Pasar Modal?

Seperti yang disebutkan di atas bahwa Sekolah Pasar Modal adalah program edukasi dari BEI. Program ini diperuntukkan buat masyarakat umum yang masih belum mengenal pasar modal. Mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, pengusaha, profesional, akademisi hingga pensiunan bisa mengikuti sekolah ini.

Baca Juga: Menperin: Investasi Sektor Industri Manufaktur Tembus Rp222 Triliun

Dengan adanya Sekolah Pasar Modal, BEI berharap bisa meningkatkan awareness masyarakat umum tentang pasar modal. Pada akhirnya, seorang pemula bisa menjadi investor berkualitas di pasar modal.

Program Sekolah Pasar Modal

Ada dua kelas Sekolah Pasar Modal yang bisa Anda ikuti. Pertama, Sekolah Pasar Modal yang akan memberikan edukasi tentang pengetahuan pasar modal secara menyeluruh. Anda bisa belajar tentang investasi, investasi saham, mekanisme menjadi investor, teori pemilihan saham, hingga lembaga di pasar modal yang memberi fasilitas perlindungan investor.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Bakal Tingkatkan Investasi Langsung

Selain itu, ada pula Sekolah Pasar Modal Syariah untuk Anda yang ingin tahu tentang investasi seluk beluk syariah. Anda akan mendapat informasi tentang mekanisme perdagangan saham secara syariah, pilihan saham syariah, hingga emiten yang menjalankan usaha tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Dua Level

Sekolah Pasar Modal dilaksanakan dalam dua level. Level pertama diperuntukkan bagi masyarakat yang belum tahu tentang pasar modal sama sekali. Atau, buat peserta yang sudah punya pengetahuan sekilas tentang pasar modal, bisa mendalami ilmu atau mengklarifikasi informasi yang diperoleh sebelumnya. Pada level 1, peserta akan mendapat gambaran umum tentang pasar modal, investasi, dan cara berinvestasi.

Peserta yang sudah punya bekal pengetahuan dasar pasar modal, akan diajak mengikuti workshop investasi di Sekolah Pasar Modal level 2. Kali ini peserta akan mendapatkan pengetahuan untuk menganalisa saham secara fundamental dan teknikal sehingga bisa menanamkan modal dengan cara yang benar.

Cara Ikut Sekolah Pasar Modal

Anda harus menyiapkan Rp 100 ribu untuk mengikuti Sekolah Pasar Modal. Dana ini diperlukan untuk membuka rekening efek. Jadi, Anda akan langsung masuk pasar modal ketika mengikuti Sekolah pasar Modal.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan berbagai persyaratan administrasi seperti fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan fotokopi rekening tabungan. Khusus untuk peserta ibu rumah tangga dan mahasiswa ditambahkan syarat fotokopi Kartu Keluarga, dan fotokopi NPWP suami atau orang tua.

Ada Kelas Online

Sejak Juni 2018, masyarakat yang ingin mengikuti Sekolah Pasar Modal, tapi tidak bisa menyesuaikan jadwal kelas, bisa mendaftar Sekolah Pasar Modal Online. Program ini juga diperuntukkan bagi orang yang jauh dari lokasi penyelenggaraan Sekolah Pasar Modal tatap muka. Calon investor akan mendapat pelajaran melalui media video, audio, dan tertulis.

Cara mendaftar Sekolah Pasar Modal Online bisa dilakukan di https://sekolahpasarmodal.idx.co.id. Anda harus memulai dengan membuat akun di situs tersebut. Setelah itu, baru bisa mendaftar untuk ikut Sekolah Pasar Modal Online.

Jika Anda sepakat bahwa investasi penting untuk mengamankan nilai uang dan punya simpanan dana untuk kebutuhan di masa mendatang, maka jadilah investor sedini mungkin. Jika Anda ragu, mulailah belajar di Sekolah Pasar Modal.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini