nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Tol yang Akan Dioperasikan saat Mudik Lebaran

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 14:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 19 320 2045571 daftar-tol-yang-akan-dioperasikan-saat-mudik-lebaran-PXcIeBjC0Q.jpg

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) memastikan ada beberapa ruas tol yang bisa digunakan secara fungsional saat musim mudik Lebaran nanti. Beberapa ruas tol fungsional tersebut tersebear di berbagai pulau di Indonesia.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan, salah satu yang sudah bisa dilewati saat musim mudik Lebaran ini adalah Jalan Tol Manado-Bitung seksi I segmen Air Madidi - Watudambo sepanjang 12 kilometer (km).

Sebagai informasi, Tol Manado-Bitung terbagi dari 2 seksi, yakni Seksi I Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 km. Sementara Seksi II Air Madidi-Bitung memiliki panjang 14 kilometer.

Tol ini memiliki 5 Simpang Susun (SS), yaitu SS Sukur, SS Air Madidi, SS Kauditan, SS Danowudu, dan SS Bitung.

Berdasarkan target terakhir, Seksi I Tol Manado-Bitung akan dioperasikan pada Mei 2019, sementara Seksi II Tol Manado-Bitung pada Desember 2019.

"Seperti Tol Manado Bitung (Segmen Air Madidi –Watudambo sepanjang 12 km) akan dioperasikan fungsional saat mudik lebaran," ujarnya di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Lalu untuk di Pulau Kalimantan ada tol Balikpapan - Samarinda. Namun yang akan beroperasi sendiri baru sekitar 57 km yang menghubungkan dari Samboja hingga Samarinda.

Sebagai gambaran, jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,350 Km. Jalan tol ini akan menghubungkan Kota Balikpapan dan Kota Samarinda.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terdiri atas lima seksi. Seksi 1 mulai dari Km 13 hingga Samboja sepanjang 22,025 Km

Seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,975 Km. Seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran sepanjang 17,300 Km.

Seksi 4 dari Palaran hingga Jembatan Mahkota II sepanjang 17,550 Km. Seksi 5 dari Km 13 hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,500 Km

"Tol Balikpapan – Samarinda (Segmen Samboja – Samarinda Sepanjang 57 km)," ucapnya.

Kemudian untuk di Pulau Sumatera, ada jalan tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi. Ruas tol yang bisa digunakan secara fungsional saat mudik lebaran menghubungkan dari Sei Rampah - Tebing Tinggi.

"Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi (Sei Rampah – Tebing Tinggi 9,3 km) juga fungsional," ucapnya.

Sementara itu di Jawa Timur ada jalan tol Pandaan - Malang ruas Pandaan - Singosari. Kemudian ada juga tol Pasuruan Probolinggo ruas Grati - Probolinggo Timur.

"Yang di Jawa Timur, Pandaan – Malang (Pandaan – Singosari sepanjang 30,6 km), Pasuruan – Probolinggo (Grati – Probolinggo Timur sepanjang 31,3 km)," katanya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini