Menabung Selama 5 Tahun, Uang Wanita Ini Lenyap Dimakan Rayap

Fathnur Rohman, Jurnalis · Senin 29 April 2019 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 29 320 2049443 menabung-selama-5-tahun-uang-wanita-ini-lenyap-dimakan-rayap-7PNX7lEQg0.jpg Foto: Uang Dimakan Rayap

CIREBON - Seorang wanita di Kota Cirebon, Jawa Barat menukarkan sejumlah uang yang termakan rayap dengan total sekitar Rp12 juta, kepada petugas layanan penukaran uang Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon, pada hari ini.

Wanita yang enggan disebutkan namanya ini mengaku, telah mengumpulkan uang itu selama 5 tahun untuk membiayai sekolah adiknya. Dia sendiri menyimpan uang tersebut di dalam celengan plastik, yang kemudian diletakan di dalam sebuah lemari. Namun seiring berjalannya waktu, uang-uang itu akhirnya dimakan rayap.

"Saya baru sadar kalau uangnya dimakan rayap. Padahal setiap dua sampai tiga hari sekali diperiksa, " ujar wanita tersebut kepada sejumlah awak media, Senin (29/4/2019).

 Baca Juga: Ternyata, Perempuan Lebih Aktif Menabung Dibanding Pria!

Setelah menyadari uangnya dimakan oleh rayap, wanita tersebut akhirnya mengeluarkan semua uangnya dari dalam celengan, dan langsung berusaha mematikan rayap-rayap itu dengan menggunakan minyak.

Uang-uang yang sudah terlanjur dimakan rayap tersebut, akhirnya dimasukan ke kantong plastik bewarna merah, untuk ditukarkan ke layanan penukaran uang KPw BI Cirebon, yang pada saat itu sedang membuka mobil booth penukaran uang di Keraton Kacirebonan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Sementara itu, menurut petugas Teller KPw BI Cirebon yang bertugas di mobil tersebut, Ali Sobri mengatakan, jika uang yang berhasil ditukarkan hanya sekitar Rp6.880.000. Sedangkan, kemungkinan total uang yang dimakan rayap tersebut mencapai Rp12 juta.

"Kalau masih ada nomor serinya bisa ditukar. Kalau sudah setengah sudah tidak bisa ditukar," katanya.

 Baca Juga: OJK Dorong Produktivitas Menabung Masyarakat

Ali menyampaikan, dengan adanya kejadian tersebut, masyarakat diminta untuk menyimpan dan menabung uang di perbankan. Tidak hanya mudah, tapi juga aman dari ancaman serangga seperti dimakan rayap.

"Jika memang ingin menabung, lebih baik disimpan di perbankan saja," ucapnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini